Jokowi: Negara Kita Butuh 9 Juta Orang Talenta Digital

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 320 2256039 jokowi-negara-kita-butuh-9-juta-orang-talenta-digital-OJ2TtLv2CR.png Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan lima arahan mengenai perencanaan transformasi digital di Indonesia. Salah satu poin yang menjadi concern Jokowi adalah mempersiapkan Sumber Daya Manusia(SDM) talenta digital.

Baca Juga: Minta Menkominfo Kerja, Target Jokowi 12.500 Desa Dapat Layanan Internet! 

"Ini penting sekali untuk melakukan transformasi digital. Negara kita membutuhkan talenta digital sebanyak kurang lebih 9 juta orang untuk 15 tahun ke depan. Ini perlu betul sebuah persiapan untuk kurang lebih 600 ribu per tahun sehingga kita bisa membangun sebuah ekosistem yang baik bagi tumbuhnya talenta digital kita," ucap Jokowi saat membuka rapat terbatas (ratas) di Istana Merdeka, Senin (3/8/2020).

Arahan lainnya yakni memerintahkan Menkominfo Johnny G Plate untuk mempercepat perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital. Kemudian mempercepat penyediaan layanan internet di 12.500 desa atau kelurahan serta di titik layanan publik.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kecewa Daya Saing Digital Indonesia Rendah Sekali 

"Kemarin kita sudah bicara dengan Menkominfo mengenai ini," ujarnya.

Kemudian, Jokowi memerintahkan jajarannya untuk mempersiapkan roadmap transformasi digital di semua sektor, mulai dari pemerintahan, pendidikan, kesehatan, perdagangan, industri, dan penyiaran.

"Jangan sampai infrastruktur digital yang sudah kita bangun justru utilitasnya sangat rendah," katanya.

Jokowi juga memerintahkan jajarannya mempercepat integrasi pusat data nasional. "Saya kira ini juga sudah kita bicarakan," jelasnya.

"Kelima saya minta yang berkaitan dengan regulasi berkaitan dengan skema pendanaan dan pembiayaan transformasi digital segera disiapkan secepatnya," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini