Duh, 17 Ribu Formasi CPNS 2019 Terancam Kosong

Dita Angga R, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 320 2257796 duh-17-ribu-formasi-cpns-2019-terancam-kosong-tC8IHtFxbi.jpeg SKB CPNS 2019 (Foto: PANRB)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebut dari 150.313 formasi CPNS yang dibuka pada tahun 2019, ada sekitar 17 ribu formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang terancam tak terisi alias kosong

Baca Juga: Peserta SKB CPNS Tak Wajib Bawa Hasil Rapid Test 

Hal ini disebabkan tidak ada yang melamar atau peserta yang bisa mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) tidak memenuhi tiga kali formasi sebagaimana ketentuan di dalam PermenPANRB.

Seperti diketahui saat ini pemerintah tengah melanjutkan seleksi CPNS 2019 yang sempat tertunda pada Maret lalu. Di mana saat ini seleksi sudah masuk pada tahap SKB.

Baca Juga: Pelamar CPNS yang Positif Covid-19 Masih Boleh Ikut Tes SKB 

“Jadi kalau ada 150 ribu formasi maka seharusnya yang ikut SKB 450 ribu orang. Namun ternyata, ada formasi-formasi pesertanya tidak ada yang lulus. Atau didaftar 1 atau 2 orang dan tidak lulus passing grade. Ada juga karena tidak memenuhi tiga kali formasi. Sehingga berpotensi kosong ada 17 ribuan formasi,” kata Deputi bidang Sistem Informasi Kepegawaian ASN (Sinka) BKN Suharmen dikutip dari akun youtube resmi BKN, Kamis (6/8/2020).

Meski begitu Suharmen menyebut pada akhir seleksi CPNS, 17 ribu formasi tersebut masih ada kemungkinan terisi. Pasalnya ada kemungkinan dilakukan optimalisasi formasi yang ada.

“Jadi kalau formasi kosong nanti instansi bisa melakukan optimalisasi pengisian formasi kosong. Siapa yang mengisi? Orang yang mendapatkan nilai terbaik kedua. Tentu saja pendidikannya harus inline dan jabatan yang dilamar juga harus sesuai,” ungkapnya.

Dia mengatakan untuk optimalisasi tersebut instansi harus melaporkan kepada KemenPANRB.

“Jadi potensi formasi kosong bisa berubah. Hal ini sejalan dengan optimalisasi pengisian formasi yang disampaikan oleh instansi kepada KemenPANRB untuk bisa diisi dari peserta yang sudah mendapatkan nilai SKD dan SKBnya. Nilai yang terbaik yang akan mengisi formasi yang kosong,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini