Mau Bisnis Makanan tapi Tak Jago Masak, Begini Solusinya

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 30 Agustus 2020 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 30 455 2269714 mau-bisnis-makanan-tapi-tak-jago-masak-begini-solusinya-ztp5JfyHjt.jpg Masak (Shutterstock)

JAKARTA - Bisnis makanan bisa menjadi salah satu opsi bagi yang berniat untuk membuka usaha. Karena pasar untuk bisnis makanan sangat besar.

Namun seringkali selain masalah modal, seseorang terkadang terkendala masalah resep. Beberapa orang beralasan jika mereka tidak memiliki resep makanan yang enak dan bisa dijual.

 Baca juga: Cara Agar Bisnis Bertahan saat Covid-19, Sandiaga Uno: Jangan Bilang 'Saya Gaptek'

Owner dari Bigcheese.id Hestria Maulindira mengatakan kebanyakan orang selalu berpikir tidak bisa memasak ketika hendak membuka usaha makanan. Bahkan, mereka seringkali tidak pede dengan resep masakan yang dimiliki.

"Sebenarnya kalau kaya makanan gitu kan pasti pada berpikirnya aku enggak bisa masak. Aku enggak punya resep enak. Jujur resep aku tuh enggak semuanya dari kampus. Orang-orang kan pada mikirnya enak kamu mah punya resep enak dari kampus," ujarnya saat dihubungi Okezone, Jumat (28/8/2020).

 Baca juga: Daur Ulang Kemasan Mi Instan Bisa Jadi Aspal Jalanan

Menurut Hestria, ada atau tidaknya resep yang enak sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Karena menurutnya, resep bisa dibuat dengan cara mencoba terus menerus.

"Sebenarnya enggak semua. Akupun misalnya punya resep dari kampus, aku pun harus, aku bilang trial and error dulu harus sesuai dengan lidah orang-orang sini. Sama selaranya kadang kemanisan," jelasnya.

Apalagi lanjut Hestria, saat ini juga semua orang sudah bisa belajar atau mendapatkan resep makanan dari aplikasi Youtube atau media sosial lainnya. Tinggal bagaimana orang tersebut bisa dimanfaatkan untuk mencari rasa yang pas untuk dijual dan diterima oleh konsumen.

"Kalau kendalanya enggak punya resep enak atau enggak bisa masak, sekarang tuh gampang banget di Youtube banyak banget. Aku pun banyak mengambil resep dari Youtube," jelasnya.

Menurut wanita 27 tahun tersebut, untuk mendapatkan resep yang pas perlu terus berlatih dan juga mencoba. Karena meskipun mendapatkan resep yang enak lewat internet rasanya akan berbeda karena menyesuaikan siapa yang memasaknya.

"Terus kaya orang yang bikin sama kita yang bikin beda. Ibaratnya beda tangan, beda hasil," kata Tria

Menurut Hestria, brand makanan besar pun tidak langsung mendapatkan resep yang enak. Pasti ada beberapa uji coba dan kesalahan yang akhirnya bisa tetap laku hingga sekarang.

"Tapi itu aku bilang, aku modif lagi, aku trial and error lagi karena enggak semua resep dari youtube itu sudah pasti langsung enak. Latihan saja terus ntar juga bisa dapat yang perfect. Toh orang-orang yang sudah sukses bagaimanapun sudah gede-gede, mereka juga pasti dari trial and error. Enggak mungkin resepnya, sudah langsung paten," kata Hestria.

Setelah belajar lanjut Tria, jangan lupa untuk aktif di media sosial untuk mempromosikan produk jualannya. Meskipun saat itu produk yang dijualnya sedang tidak ada yang membeli.

"Terus jangan cepat nyerah gitu loh, kadang aku update biar kelihatan ramai, padahal hari itu misalnya lagi enggak ramai gitu. Kelihatan orang oh ramai terus nih," jelasnya

Update di media sosial menurutnya hal yang penting untuk menunjukan eksistensi dari produk yang dijual. Sehingga orang pun lama-kelamaan akan penasaran dan akhirnya membeli produk tersebut.

"Sudah update saja deh biarin padahal hari ini yang keluarnya cuma satu dua. Gapapa biar orang itu kelihatannya aku tuh ada terus yang beli gitu. Biar orang penasaran," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini