Sri Mulyani Berburu Pajak di Tahun Depan

Michelle Natalia, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 320 2270972 sri-mulyani-berburu-pajak-di-tahun-depan-g3vNpkC6dv.png Sri Mulyani (Foto: Instagram Sri Mulyani/@smindrawati)

JAKARTA - Pemerintah memperkirakan penerimaan perpajakan tumbuh moderat sebesar 5,5% dari target Perpres Nomor 72 Tahun 2020. Tercatat, penerimaan perpajakan tahun depan ditarget Rp1.481,9 triliun

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan target tersebut dipandang sejalan dengan kegiatan perekonomian yang diharapkan sudah mulai membaik di tahun 2021, baik domestik maupun global.

"Perluasan basis penerimaan pajak akan menjadi kunci keberhasilan upaya optimalisasi penerimaan pajak pada tahun 2021 dan pada tahun-tahun yang akan datang," kata Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (1/9/2020).

Baca Juga: Jokowi Senang Penerimaan Pajak Merangkak Naik meski Belum Normal 

Hal ini akan dapat diwujudkan apabila program reformasi perpajakan yang saat ini sedang dilaksanakan terus diperkuat dan diakselerasi, baik reformasi kebijakan (policy) maupun administrasi.

"Program reformasi perpajakan tersebut diterjemahkan ke dalam perbaikan pada lima pilar utama, yaitu regulasi perpajakan, organisasi, sumber daya manusia, teknologi informasi dan basis data, serta proses bisnis," katanya

Sambung dia, berbagai langkah reformasi tersebut sudah menunjukkan hasil yang signifikan, seperti modernisasi organisasi, kemudahan layanan bagi wajib pajak (antara lain e-filing, e-registration dan program click-call-counter), pengawasan dan penegakan hukum yang lebih terstruktur dan berkeadilan melalui implementasi Compliance Risk Management, serta meningkatnya kehandalan sistem informasi dan teknologi yang dibarengi dengan peningkatan kualitas data internal dan eksternal yang dimiliki.

"Capaian reformasi perpajakan terakhir yang juga sangat signifikan adalah implementasi tax payer accounting modul revenue accounting system," jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini