YLKI: Konsumen Tertipu Obat Covid-19

Ferdi Rantung, Jurnalis · Kamis 03 September 2020 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 320 2272103 ylki-konsumen-tertipu-obat-covid-19-d6CjYi6ywG.jpeg Waspada Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengungkapkan bahwa selama pandemi banyak fenomena klaim penemuan obat anti virus Covid-19. Menurutnya, klaim tersebut merupakan bentuk penipuan.

"Terjadi over klaim terhadap obat anti virus Covid-19. ini menipu konsumen. karena belum ada uji klinisnya" Katanya dalam peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020 di Jakarta, Kamis (3/9/2020).

Baca Juga: Covid-19 Pukul Ekonomi Banyak Negara, Presiden Jokowi: Termasuk Negara Kita

Dia menjelaskan, sejatinya produk obat kesehatan yang diizinkan oleh BPOM itu hanya sebatas meningkatkan imune tubuh bukan sebagai penyembuh atau menolak virus tersebut.

Klaim yang disoroti oleh Tulus yaitu, kalung eucalyptus oleh Kementerian Pertanian dan serum anti Covid-19 oleh yang mengaku profesor Hadi Pranoto dan Universitas Airlangga (UNAIR).

Baca Juga: Sektor Manufaktur Turun, Menperin: Daya Beli Masyarakat Merosot

"Saya minta pejabat publik dan semua pihak agar tidak begitu saja mengklaim bahwa itu obat atau vaksin untuk virus covid" tegasnya

Untuk itu, YLKI selaku lembaga perlindungan konsumen berupaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat atas penanganan pandemi Covid-19. Di antaranya menggelar webinar dan jumpa pers dengan multi stakeholder untuk edukasi terkait pandemi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini