Ciptakan Ketahanan Pangan di Rumah, Yuk Mulai Budidaya Wortel

Safira Fitri, Jurnalis · Minggu 06 September 2020 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 06 455 2273405 ciptakan-ketahanan-pangan-di-rumah-yuk-mulai-budidaya-wortel-U77JSSDaku.jpg Wortel (Foto: Gardenweb)

JAKARTA - Wortel merupakan salah komoditas unggulan dalam pertanian Indonesia, selain itu juga sayuran favorit. Menanam wortel dalam pot atau polibag adalah alternatif bagi masyarakat yang punya lahan terbatas untuk membudidayakan secara mandiri.

Berikut merupakan kiat mudah budidaya wortel dalam polibag seperti dilansir dari laman Instagram Kementerian Pertanian, Jakarta, Minggu (6/9/2020).

Baca Juga: Cerita Sandiaga Uno Kena PHK hingga Jadi Orang Terkaya 

1. Menyemai Bibit

Sebelum dimasukkan dalam polibag besar, bibit wortel perlu disemai ke pot kecil berukuran 5 x 6 cm yang berisi campuran tanah dan pupuk kandang terlebih dahulu.

2. Menanam Wortel

Setelah disemai selama 1 hingga 2 minggu, tanaman wortel siap dipindahkan ke polibag yang lebih besar. Wortel yang siap cirinya yakni sudah memiliki 3 hingga 4 helai daun.

3. Pemeliharaan

Sore hari merupakan waktu yang tepat untuk menyiram wortel. Lakukan penyiraman di sore hari setiap hari. Pupuk wortel dengan pupuk organik cair.

wortel

4. Pengendalian Hama

Cabut gulma yang mengganggu pertumbuhan wortel. Bahan-bahan alami seperti daun ki pait, temu lawak, dan temu ireng bisa jadi pestisida alami wortel.

5. Panen

Setelah 3 bulan, wortel sudah bisa dipanen. Kualitas wortel yang bagus ditentukan dari lahan yang subur dan pupuk serta media tanamnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini