Ingin Buat Carport, Begini 5 Jenis Strukturnya

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 470 2274976 ingin-buat-carport-begini-5-jenis-strukturnya-dXcaOrkaC0.jpg Carport (Shutterstock)

JAKARTA - Carport merupakan penutup bagian atas pada lahan depan atau samping rumah yang digunakan untuk melindungi mobil atau kendaraan lainnya di rumah. Semakin berkembangnya desain dan penemuan struktur baru, bentuk dari carport pun beragam.

Awalnya bentuk carport tidak jauh berbeda dengan atap rumah yang berupa atap pelana dan limasan yang digunakan sesuai dengan ukuran area carport. Kemudian muncul bentuk atap berupa landai atau dak beton.

 Baca juga: Bisa Jadi Tempat Kumpul, Begini Buat Balkon Terlihat Luas

Variasi yang muncul tidak hanya berada pada bentuk, namun juga pada struktur yang digunakan. Variasi juga muncul dalam eksplorasi material, seperti polikarbonat yang marak digunakan pada atap datar atau lengkung.

Seperti yang dilansir dari buku 21 Desain Atap Carport, karya Nia Noorahmah, Jakarta, Rabu (9/9/2020), ragam bentuk dan struktur atap carport yang dipadukan dengann pilihan material penutup akan memunculkan ekspresi desain yang berbeda-beda:

 Baca juga: Apa Bedanya Teras di Depan, Belakang atau Samping Rumah?

Berikut beberapa ragam dan struktur alternatif untuk mempercantik carport:

1. Rangka Batang

 

Struktur jenis ini banyak digunakan karena pembuatan yang relatif mudah. Prinsip pembebanannya adalah dengan membagi beban pada batang yang berperan sebagai batang tekan dan batang tarik.

Struktur rangka batang yang digabungkan kemudian dikembangkan dalam tiga dimensi yang akan membentuk struktur rangka ruang.

 Baca juga: 5 Cara Hemat Bangun Rumah dengan Budget Pas-pasan

2. Model Pergola

Pergola merupakan naungan dari deretan batang kayu maupun bahan lain dengan tanaman rambat pada jakan setapak ditangan. Pengertian dari model ini adalah mengacu pada bidang teduhan (naungann) sehingga banyak yang menggunakannya untuk menyebutkan atap carport yang desain struktur atapnya sering menggunakan model atap pergola.

Banyak inovasi yang dilakukan pada atap carport model pergola, baik pada desain struktur atau material. Untuk saat ini, terdapat pula atap carport model pergola dengan bilahan batang yang bisa dibuka tutup sesuai dengan keperluan.

3. Beton bertulang

Struktur atap dari beton bertulang berupa dak beton yang biasa digunakan untuk atap datar. Alasan dipilihnya struktur beton adalah kuat, awet dan tahan akan api.

4. Cantilever

Struktur cantilever merupakan struktur menggantung, artinya hanya bertumpu pada salah satu sisinya. Dengan menggunakan bentkan struktur ini, bisa diperoleh sisi yang bebas tiang sehingga menghasilkan kesan lapang luas, melayang dan modern.

Cantilever bisa dicapai dengan batang overhang, batang konsul, atau bisa juga dengan kabel tarik. Adakalanya, atap carport ditampilkan dengan bentuk elemen struktur cantilever, tetapi menggunakan dua sisi atau bahkan tiga sisi tumpuan.

5. Struktur tarik

Struktur tarik merupakan struktur yang hanya mengenal gaya tarik di dalam konstruksinya. Struktur tarik ini memungkinkan eksplorasi berbagai bentuk karena fleksibilitasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini