14.500 Pelaku UMKM Ajukan Banpres Rp2,4 Juta, yang Diterima Berapa?

Dedi Mahdi, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 20:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 320 2279472 14-500-pelaku-umkm-ajukan-banpres-rp2-4-juta-yang-diterima-berapa-FehjYXFZJf.jpg Uang Rupiah (Foto: Okezone.com)

BOJONEGORO - Sebanyak 14.500 usaha mikro kecil mengengah (UMKM) di Bojonegoro, Jawa Timur, mengajukan bantuan presiden (Banpres) berupa uang tunai sebesar Rp2,4 juta, namun pemerintah setempat tidak mengetahui pasti jumlah pelaku UMKM yang akan menerima bantuan tersebut.

Ketidaktahuan jumlah pasti pelaku UMKM yang akan menerima bantuan tersebut dikarenakan proses ferivikasi dan pencairan dilakukan oleh pemerintah pusat.

Baca Juga: Ini Keunggulan UMKM Indonesia

Namun, selama dibukanya pengajuan berkas banpres, tercatat pada data di kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Pemkab Bojonegoro, terdapat 14.500 pelaku usaha kecil yang mengajukan bantuan tersebut.

Di sisi lain, pihak dinas koperasi mengaku tidak tahu berapa jumlah UMKM yang lolos dan menerima bantuan, karena proses ferivikasi dan pencairan dilakukan langsung oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

Baca Juga: Lagi Pandemi Covid-19, Usaha Mahar Pernikahan Justru Ramai Dicari Calon Pengantin

Selama empat hari, mulai tanggal 8 hingga 11 September kemarin, jumlah pelaku UMKM yang mengajukan berkas di kantor dinas koperasi membeludak, bahkan orang-orang rela saling berdesakan untuk dapat mengajukan berkas bantuan.

Untuk menerima bantuan dari presiden, memang sejumlah persyaratan harus dilampirkan, diantaranya fotocopy KTM, Kartu Keluarga, foto, dan Surat Keterangan Usaha dari desa, tidak memiliki hutang di bank, serta memiliki rekening BRI dengan saldo di bawah Rp2 juta.

Sejumlah data persyaratan tersebut diketahui yang perlu dipenuhi untuk mengajukan penerimaan bantuan presiden.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini