Bos OJK: Holding Perbankan Syariah Bisa Buat Bank Naik Kelas

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 21 September 2020 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 320 2281084 bos-ojk-holding-perbankan-syariah-bisa-buat-bank-naik-kelas-Uu1Q5Uonoi.jpg Perbankan. Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan sinyal dukungan kepada Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengenai pembentukan holding bank-bank syariah milik pelat merah, yang ditargetkan rampung Februari 2021.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, pembentukan holding BUMN ini bisa membuat perbankan syariah bisa naik kelas. Hal ini seiring perbankan syariah masih belum besar dibandingkan bank konvensional lainnya.

Baca Juga: 4 Fokus Bangun Industri Keuangan Syariah RI, Jangan Lupakan Digitalisasi 

"Kami menyambut baik rencana yang dilakukan oleh Kementerian BUMN untuk membentuk satu sinergitas bank syariah yang lebih besar lagi dan tentunya akan bisa menjadi bank syariah yang levelnya sama seperti bank buku 4," ujar Wimboh dalam diskusi virtual, Senin (21/9/2020).

Kata dia, perbankan syariah harus memiliki daya saing kapasitas yang besar dalam membangun nasional. Sehingga bisa meningkatkan produk dan layanan dalam membantu perekonomian Indonesia.

"Sehingga tidak punya waktu dan kesempatan untuk berpikir untuk bagaimana meningkatkan daya saing produknya dan layanannya," jelasnya.

Baca Juga: Daya Tahan Kuat, Total Aset Keuangan Syariah Tembus Rp1.639 Triliun

Dia pun harus berupaya meningkatkan skala ekonomi industri keuangan syariah melalui peningkatan nominal modal minimum maupun akselerasi konsolidasi.

"Ini adalah penting jangan sampai hanya ingin bertahan hidup tapi kita harus besar dan bisa bersaing itu adalah yang lebih penting," jelasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini