Mengenal Rumah Konsep Mediterania, Cocok di Daerah Tropis

Natasha Oktalia, Jurnalis · Selasa 22 September 2020 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 470 2281899 mengenal-rumah-konsep-mediterania-cocok-di-daerah-tropis-lg9c3vD5p5.jpg Rumah Mediterania (Foto: Okezone/Dirumahku)

JAKARTA - Rumah dengan model mediterania banyak diminati oleh banyak pemilik rumah. Rumah dengan model arsitektur pada era-80an ini bahkan saat ini dilirik kembali oleh banyak arsitek.

Salah satu ciri khas dari arsitektur mediterania adalah yang dikenal dari segi bangunan indah yang cocok diimplementasikan di daerah tropis. Seperti Indonesia, yang merupakan negara kepulauan dengan banyak pantai dan laut.

Baca juga: Membangun Rumah Sehat, Tanaman dan Tanah Punya Peran Penting

Biasanya rumah dengan konsep mediterania menggunakan atap berbentuk pelana dengan tingkat kemiringan rendah. Seperti yang dijelaskan dalam buku Mempercantik Tampilan Muka Rumah, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Untuk atap biasanya hanya terdapat satu atap utama yang digunakan untuk menonjolkan sosok blok massa dari hunian. Selain itu, terdapat deretan kolom dan balok berbentuk persegi panjang yang biasanya terdapat dari hunian tersebut.

Salah satu ciri khas dari bangunan gaya mediterania adalah struktur elemen dari bangunan yang banyak diekspos pada teras dan balkon. Pada finishing biasanya dengan tekstur kasar (adobe) pada permukaan dinding luar rumah dilengkapi dengan teralis besi tempa serta balok pada plafon yang dibungkus dengan kayu.

Baca Juga: Begini 5 Cara Desain Carport agar Mobil Aman

Pada dinding hunian biasanya menggunakan kombinasi warna komplementer agar menciptakan kesan ceria. Misalnya penggunaan warna pastel, cokelat terakota dan biru turqois.

Pada halaman bisanya dilengkapi dengan tanaman dengan karakter batang tinggi dan struktur cabang menyerupai pohon kelapa.

Ragam tanaman yang biasanya ditanam yakni palem putri, palem botol, sikas, kelapa gading, palem kipas dan kadaka.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini