Setiap Penurunan Ekonomi, PHK Akan Terus Bertambah

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 320 2287044 setiap-penurunan-ekonomi-phk-akan-terus-bertambah-tVxA0O2mXe.jpg PHK (Shutterstock)

JAKARTA - Seluruh dunia mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Bahkan perusahaan seperti Walt Disney Co melakukan kebijakan tersebut.

Pada Selasa malam, perusahaan menyatakan bahwa telah memangkas 28.000 pekerja di bisnis taman hiburannya. PHK juga terjadi Allstate Corp, perusahaan asuransi mobil terbesar keempat di AS akan memangkas 3.800 pekerja atau sekitar 8% dari tenaga kerjanya. Dan Bloomberg melaporkan bahwa Goldman Sachs Group Inc. berencana untuk memangkas sekitar 400 pekerjaan.

"Kehilangan pekerjaan pada awalnya terkonsentrasi di pekerjaan sektor jasa, tetapi dalam setiap penurunan ekonomi Anda pasti akan mendapatkan pemangkasan (PHK) lagi karena perusahaan mencoba melindungi margin keuntungan," kata Senior US Economist at Deutsche Bank Securities Brett Ryan, dilansir dari Bloomberg.

Pengumuman seperti ini menunjukkan bahwa tantangan besar bagi pemerintah Amerika Serikat dalam meningkatkan kembali ekonominya. Di mana saat ini ekonomi sudah melambat sejak awal Mei dan Juni.

"Anda akan melihat perusahaan besar yang mungkin telah berada di lintasan pendapatan tertentu sebelum penurunan mulai mengevaluasi kembali," ujarya.

Baca selengkapnya: PHK Massal di Seluruh Dunia, Ekonomi Kian Sulit

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini