Alasan Harga BBM Pertamina Lebih Mahal

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 320 2288735 alasan-harga-bbm-pertamina-lebih-mahal-dMeH8RfSmN.jpg BBM (Okezone)

JAKARTA - PT Pertamina mengungkapkan alasan harga bahan bakar minyak (BBM) yang diproduksinya lebih mahal dibandingkan lainnya. Hal ini dikarenakan kapasitas kilang yang mampu mengolah BBM masih terbatas.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan minyak mentah yang bisa diolah di kilang Pertamina jumlahnya hanya 3% dari pasokan dunia.

 Baca juga:Harga Pertalite Turun Jadi Rp6.450/Liter

"Perlu dipahami ketika bicara tentang kondisi hari ini crude yang bisa diolah di kilah kita terbatas 3% dari crude dunia ini sebabkan harga yang lebih tinggi," ujar Nicke dalam video virtual, Senin (5/10/2020).

Dia melanjutkan Pertamina akan memperbarui kilang minyak. Hal ini dikarenakan beberapa kilanh minyak sudah berusia tua dan kapasitas pengolahannya pun terbilang kecil.

 Baca juga: Selain Listrik, Subsidi Solar Turun Rp500/Liter pada 2021

"Pertamina saat ini memiliki program refinery development program (RDMP) atau moderenisasi kilang existing serta grass root refinary (GSS) atau pembangunan kilang baru," katanya.

Dia menambahkan dengan bertambahnya kapasitas pengolahan diharapkan akan mempengaruhi harga jual BBM di dalam negeri lebih rendah.

"Kita harapkan setelah pembangunan ini harga dari crude yang diolah dapat kita tekan yang ujung-ujungnya akan berpengaruh terhadap harga pokok produksi, dengan demikian kita harapkan harga BBM akan makin kompetitif, makin affordable bagi masyarakat Indonesia," pungkasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini