Kabar Terkini Soal Uji Klinis Vaksin Covid-19 Asal China

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2020 12:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 320 2300747 kabar-terkini-soal-uji-klinis-vaksin-covid-19-asal-china-NkPR7fzhHE.jpg Uji Klinis Virus Corona. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Indonesia mengupayakan ketersediaan beberapa vaksin Covid-19. Salah satunya, vaksin Sinovac yang sedang dalam tahap uji klinis fase III oleh Tim Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran.

Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan, penelitian ini telah berjalan sesuai dengan protokol yang telah disetujui. Sejauh ini tidak ditemukan reaksi yang berlebihan atau serious Adverse Event.

Baca Juga: Sri Mulyani Tegaskan Uji Vaksin Covid-19 Harus Lewati Standar Keamanan WHO

"Hanya reaksi ringan seperti umumnya pemberian imunisasi," kata Penny seperti dikuti dari dari Instagram, lawancovid19_id, Rabu (28/10/2020).

Berikut tahapan uji klinis vaksin Covid-19 yang telah dilalui :

1. Vaksinasi kedua serta pengamatan keampuhan dan keamanan vaksin. BPOM melakukan pengawasan secara berkala untuk mendapatkan data keampuhan dan keamanan vaksin secara lengkap. Data ini diperlukan untuk persyaratan pemberian Izin Penggunaan dalam Kondisi Darurat.

2. Per 16 Oktober 2020 sudah 1.620 relawan mendapatkan suntikan pertama dari pelaksanaan uji klinik vaksin Sinovac oleh tim Peneliti Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran. Tim Inspektur BPOM melakukan inspeksi langsung, saat relawan ke-1.620 menerima suntikan pertamanya.

Baca Juga: Menko Luhut Kirim Sinyal Vaksinasi Covid-19 Batal Dilakukan di November

3. BPOM bersama Tim Kemenkes dan LPPOM MUI akan mengunjungi fasilitas produksi Sinovac di Tiongkok untuk melakukan audit proses pengembangan dan produksi vaksin, serta melaksanakan audit kehalalan.

4. Fasilitas dan produksi vaksin Covid-19 di Bio Farma juga dipastikan BPOM memenuhi standar cara pembuatan obat yang baik (CPOB).

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini