Gubernur BI: Digitalisasi Jadi Sumber Ekonomi RI

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 320 2308082 gubernur-bi-digitalisasi-jadi-sumber-ekonomi-ri-xxfIyEUcyT.jpg Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan pihaknya terus melakukan transformasi digital di lingkungannya. Hal tersebut sesuai dengan gagasan Presiden Joko Widodo yang meminta agar transformasi digital dapat dilakukan secara masif dan keseluruhan.

Baca Juga: Ekonomi Kuartal IV 2020 Diprediksi Positif, Yakin Nih Pak Gubernur BI?

"Jadi digitalisasi kunci untuk sumber ekonomi kita ke depan. Maka transformasi digital yang digagas presiden sangat bagus," ujar Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam acara Indonesia Fintech Summit 2020 secara virtual, Rabu (11/11/2020).

Menurut dia, sudah ada beberapa langkah dilakukan BI dalam upaya transformasi digital. Seperti melalui sistem pembayaran digital atau QRIS (Quick Response/QR Code Indonesian Standard).

 

"Sampai saat ini sudah lebih dari 5 juta merchant yang tersambung melalui QRIS. Hal ini menunjukkan progres sangat luar biasa," ungkap dia.

Kemudian, lanjut dia BI juga melakukan digitalisasi melalui sektor perbankan. Misalnya, mendorong agar perbankan menggunakan digital banking. Dan, sudah ada 15 bank yang menggunakan digitalisasi banking.

"Kami juga ingin sambungkan open banking, digital banking dengan fintech melalui application programming interface," tandas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini