Ini Penyebab Harga Obat di Indonesia Mahal

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 320 2311828 ini-penyebab-harga-obat-di-indonesia-mahal-MGJdg5RzYh.jpg Obat (Foto: Reuters)

JAKARTA - PT Biofarma mengungkapkan penyebab harga obat melambung tinggi. Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan impor bahan baku obat yang dilakukan oleh pemerintah masih tinggi.

Baca Juga: Impor Masih Tinggi, Indonesia Darurat Pabrik Bahan Baku Obat?

"Kalau kita lihat ini memang impor bahan baku obat masih tinggi karena itu harga obat masih mahal," ujar Honesti dalam rapat virtual dengan DPR, Jakarta, Kamis (18/11/2020).

Kata dia, dibutuhkan kepastian dan kesiapan kebijakan pemerintah dalam memprioritaskan penggunaan obat dan bahan baku produksi dalam negeri.

"Tujuannya untuk menjamin profitabilitas ataupun kelangsungan dari produk dalam negeri tersebut," katanya.

Dia pun menambahkan saat ini alat kesehatan masih dilakukan impor. Ini untuk penanganan virus Covid-19. Menurutnya sudah banyak inovasi anak negeri. Sayangnya mereka kalah bersaing dengan produk impor.

"Banyak inovasi-inovasi anak negeri yang sudah dikeluarkan untuk membikin alkes-alkes untuk penanganan Covid-19, tapi kita masih kalah bersaing dengan impor karena memang keran impor itu masih dibuka oleh pemerintah," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini