Bos BI Dorong UMKM Sebagai Kekuatan Baru di Ekonomi Digital

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 11:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 320 2312942 bos-bi-dorong-umkm-sebagai-kekuatan-baru-di-ekonomi-digital-9Lf1m04XRz.jpg UMKM Terkena Dampak Signifikan Akibat Virus Corona. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menilai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus bisa membuat inovasi baru. Hal ini supaya UMKM bisa memahami selera pasar dalam mengembangkan metode pemasaran.

"Kami mendorong UMKM sebagai kekuatan baru untuk ekonomi digital ini sebagai arahan Ibu Negara seiring dengan persaingan global UMKM harus kreatif dan memahami selera pasar dan mengembangkan metode pemasaran," kata Gubernur BI Perry Warjiyo, dalam video virtual, Jumat (20/11/2020).

Baca Juga: Ibu Negara Sebut Covid-19 Beri Banyak Hikmah, UMKM Beralih Digital

Kata dia, selera pasar yang dimaksud adalah melakukan pemasaran digital. Ini sebagai tindak lanjut untuk mendorong produk UMKM ke pasar digital untuk merambah pasar luar negeri.

Sementara itu, BI pun mengadakan Karya Kreatif Indonesia (KKI) seri ketiga dengan tema “UMKM sahabat milenial”.

Baca Juga: Gandeng UMKM, SPIN Berkomitmen Bangkitkan Perekonomian Nasional di Masa Pandemi

"KKI 2020 ini dirancang tema dengan fokus pengembangan new UMKM jadi kekuatan baru ekonomi nasional," jelasnya

Ini merupakan wujud nyata komitmen Bank Indonesia untuk terus mengembangkan UMKM. Serta sebagai pilar pertama dalam menggairahkan ekonomi Indonesia dan menjadi negara maju.

"Akselerasi digital jadi umkm Indonesia jadi new umkm jadi sumber ekonomi baru menjadi Indonesia maju," tandasnya.

Sementara itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyebut bahwa pandemi Covid-19 menghasilkan banyak hikmah. Salah satunya hikmah kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Menurut Iriana, hikmah utama dari adanya pandemi adalah para pelaku UMKM jadi melek digital. Sehingga produk UMKM Indonesia bisa lebih dikenal dunia karena bisa diakses dengan mudah.

“Saya sangat senang karena situasi pandemi, semangat untuk memajukan UMKM enggak pernah surut. Tapi semakin kencang, semakin kreatif dan menarik. Pandemi Covid-19 memberikan banyak hikmah, untuk mendorong UMKM beralih lebih cepat ke digital,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini