3 Jurus Erick Thohir Dorong Transformasi Digital

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 21 November 2020 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 21 320 2313642 3-jurus-erick-thohir-dorong-transformasi-digital-amY7rFfER1.jpg Ekonomi Digital (Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat ada tiga langkah strategis ihwal pengembangan infrastruktur teknologi dalam negeri. Ketika langkah tersebut adalah pengembangan infrastruktir digital untuk akses berusaha,, pengembangan akses pemasaran, dan bantuan permodalan.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pasca pandemi Covid-19 percepatan digitalisasi akan terjadi di Tanah Air. Karena itu, pihaknya akan mengenjot tranformasi digital dengan memanfaatkan kekuatan pasar (market) dan sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Indonesia.

 Baca juga: Sektor Digital Bakal Menang Banyak di 2021

"Kami di Kementerian BUMN untuk ekonomi sendiri, kami melihat bahwa pasca dari Covid-19 ini sangat penting karena Covid-19 mengajarkan bagaimana percepatan digitalisasi akan terjadi dan harus terjadi juga di Indonesia, karena kita tahu kita negara besar yang salah satu kekuatan yaitu mempunyai market yang besar dan SDA yang besar," ujar Erick dalam Webinar, Jakarta, Sabtu (21/11/2020).

Dia mengutarakan, ketiga langkah untuk mendorong transformasi digital itu akan direalisasikan oleh perseroan plat merah. Di mana, salah satu tujuannya adalah membawa pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di dalam iklim digital.

 Baca juga: Generasi Muda Diminta Melek Literasi Digital, Jokowi: Bisa Perangi Hoax

"Disini nanti kami jelaskan bagaimana ketiga poin ini yang dilakukan oleh perusahaan BUMN. Karena ketiga hal ini, saat ini hal yang menjadi penting buat kita mempermuda daripada kemudahan perubahan dari UMKM," katanya.

Apakah yang dinamakan tadi infrastruktur digital atau pengembangan pasar yang selalu dikeluhkan dan tentu tidak kalah penting adalah bantuan permodalan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini