4 Ide Bisnis Menjanjikan bagi Pensiunan, Yuk Dicoba

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 455 2317334 4-ide-bisnis-menjanjikan-bagi-pensiunan-yuk-dicoba-oBvkB3sH2C.png Tanaman Hias (Foto: Okezone)

JAKARTA – Masa Pensiun akan dialami oleh semua karyawan, baik yang bekerja sebagai pegawai negeri maupun pegawai swasta. Masa pensiun kerap dijadikan peluang untuk mulai membuka usaha.

Masa pensiun merupakan masa dimana seorang dianggap sudah tidak mampu bekerja secara optimal. Hal ini dikarenakan seseorang sudah mamasuki usia tua dan mulai mengalami kelemahan fisik, mengidap penyakit, hingga mudah lupa.

Baca Juga: 5 Jenis Bisnis yang Bakal Cuan Pasca-Corona Ala Jonan, Apa Saja?

Sebagian orang memilih menghabiskan waktu pensiunnya dengan membuka usaha. Sebab, sudah tidak ada lagi penghasilan yang diterima. Hanya sebagian yang mendapat dana pensiun, salah satunya pegawai negeri.

Mengutip buku berjudul Peluang Usaha untuk Pensiunan oleh Agoeng Widayatmoko, beberapa ide peluang bisnis ini cocok dilakukan oleh pensiuan. Tingkat keuntungannya relatif sedang sampai besar.

1. Tanaman Hias

Modal awal yang diperlukan dalam memulai usaha ini sekitar mulai dari Rp5 jutaan. Bibit tanaman bisa didapatkan dari dinas pertanian dan perkebunan. Cobalah mulai mencari informasi terkait jenis tanaman apa yang paling banyak dicari orang.

Untuk menambah keuntungan, disarankan menjual pelengkap-pelengkap lainnya seperti pot tanaman dan pupuk. Untuk pupuk bisa dijual dengan sistem konsinyasi, alias barang yang dibayar adalah barang yang sudah laku. Hal ini bisa didapatkan dengan menghubungi pedagang pupuk atau dinas pertanian setempat.

Lokasi penjualan yang tepat adalah di pinggir jalan besar atau dekat perumahan. Selain itu, hotel dan restoran juga sering membutuhkan tanaman seperti ini. Menjalin usaha dengan mereka bisa dilakukan dengan menjual atau menyewakan.

2. Pemancingan

Sebagian orang senang menghabiskan waktu dengan memancing. Ini bisa dijadikan ide untuk membuka bisnis pemancingan. Yang pertama kali harus dilakukan ketika memulai usaha ini adalah memilki lahan yang cukup luas. Ada baiknya menyewa dekat persawahan atau sungai, sehingga menawarkan panorama pemandangan pedesaaan yang asri.

Untuk mendapatkan bibit ikan, bisa langsung mendatangi pembibitan. Beberapa jenis ikan yang biasa dipilih adalah ikan mas, bawal, gurame, nila, patin, lele, atau lainnya. Usahakan membuat kolam terpisah untuk bibit ikan. Tujuannya untuk menjaga agar bibit lebih maksimal hasilnya.

3. Perternakan

Orang yang menyukai daging, ayam, dan ikan jumlahnya sangat banyak. Pertenakan sapi dapat menjadi ide bisnis yang menjanjikan. Apalagi memasuki hari raya Idul Adha, banyak orang yang mencari sapi untuk berkurban. Harganya bisa naik berkali-kali lipat. Selain mempunyai lahan, usahakan membuat saluran untuk kotorang dengan baik. Selain agar mudah dibersihkan, kotoran sapi bisa dijadikan pupuk.

Selain sapi, usaha perternakan ayam juga bisa dicoba. Tentukan terlebih dahulu akan berternak ayam bertelur atau ayam potong. Usahakan membeli bibit ayam langsung dari dinas perternakan. Jika membeli dari perusahaan perternakan ayam, pastikan telah divaksinasi. Sediakan kandang yang luas agar ayam cepat tumbuh.

4. Usaha Makanan

Ada banyak jenis makanan yang bisa dijadikan usaha, salah satunya bakso. Untuk memulai usaha ini, perlu lokasi yang strategis. Misalnya, dekat pasar, sekolahan, atau perkantoran. Modal dasar bahan pembuatannya sebenernya tidak terlalu besar. Membuat bakso membutuhkan ketelatenan sehingga mendapatkan rasa yang enak. Namun, jika sudah berhasil menemukan resep yang pas, pembelinya akan terus kembali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini