Mau Jual Rumah? Cek Dulu Lebih Untung Sendiri atau Pakai Perantara

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Senin 30 November 2020 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 470 2318882 mau-jual-rumah-cek-dulu-lebih-untung-sendiri-atau-pakai-perantara-AafdXXG7r2.jpg Tips Jual Rumah Sendiri atau Dengan Perantara. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Menjual rumah bukan perkara mudah. Sebab, ada hal-hal yang perlu diketahui dalam memutuskan untuk menjual rumah sendiri atau melalui perantara.

Bila sendiri, pemilik rumah harus memasarkan dan mencari pembelinya sendiri. Sedangkan menggunakan perantara, pemilik rumah mesti mencantumkan dokumen dan mengikuti cara pemasaran yang dilakukan perantara terkait.

Setiap opsi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Melansir dari realsimple, Senin (30/11/2020), berikut beberapa hal yang perlu diketahui supaya membantu membuat keputusan terbaik dalam menjual rumah"

Pro: Bisa Mengontrol Sendiri

Menjual rumah tanpa perantara tentu memudahkan, dalam artian proses penjualannya bisa dikontrol sesuai keinginan.

Baca Juga: 4 Cara Mendesain Kamar agar Tidur Nyenyak

Hal ini dapat membuat keputusan yang sesuai dengan kepentingan pribadi.

“Anda tidak perlu mendengarkan pendapat siapapun tentang bagaimana akan memasarkan rumah. Bagaimana menertapkan harga, bagaimana bernegosiasi hingga bagaimana mempersiapkan rumah untuk dijual?" kata Broker Realty Eksekutif Christopher Arienti.

Kontra: Tidak Memiliki Akses ke Semua Sumber Daya yang Dibutuhkan

Agen real estate adalah para professional di bidangnya. Mereka tidak hanya memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pasar.

Baca Juga: Mudah Dirawat, Ini 6 Tanaman Bikin Semangat Kerja di Kantor

Mereka juga memiliki alat yang dapat memastikan rumah cepat terjual, karena semua agen berbagi data tentang properti yang mereka wakili.

“Meskipun agen terlihat hebat, namun pemilik rumah yang akan menjualnya bisa mendapatkan transparansi yang lebih sedikit,” kata CEO Startup Leanprop Scott Bierbryer.

Pro: Hemat Biaya

Pada akhirnya, setiap pemilik rumah ingin menjual rumah dengan harga yang wajar sehingga bisa mendapatkan keuntungan.

“Anda mungkin dapat menghemat antara t3%-6% dana komisi penjualan, tergantung apakah pembeli menggunakan agen atau tidak,” kata Pemilik House Simply Sold Caleb Liu.

Kontra: Tidak Menghasilkan Banyak Uang

Meskipun memilih cara independen dan tidak akan membayar komisi perantara. Namun, rumah yang dijual tidak menghasilkan uang sebanyak melalui agen real estate.

Menurut National Association of Realtors, rumah yang dijual oleh pemilik biasanya dijual seharga USD200.000 dibandingkan dengan sekitar USD265.000 untuk rumah yang dibantu agen.

Melihat pro dan kontra dalam menjual rumah, pemilik rumah disarankan berkonsultasi ke beberapa agen sebelum membuat keputusan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini