Mulai Bisnis Ikan Cupang, Perhatikan 4 Hal Berikut Ini

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 455 2327184 mulai-bisnis-ikan-cupang-perhatikan-4-hal-berikut-ini-yVgQHC8XbU.jpg Bisnis Ikan Cupang. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Bisnis ikan hias saat ini sedang mengalami peningkatan, khususnya ikan cupang. Keuntungan fantastis bisa diperoleh sehingga masyarakat menekuni dunia usaha tersebut.

Ketika membicarakan soal saran pembudidayaan ikan cupang, maka prasarana tidak bisa diabaikan. Prasarana merupakan salah satu dari hal teknis untuk memperlengkap sarana yang digunakan dalam pembudidayaannya.

Dikutip dari buku Mina Bisnis Ikan Cupang: Teori dan Aplikasi Oleh Zainal Abidin, Hutami P. Puspitasari, Jakarta, Senin (14/12/2020), prasarana perlu diperhatikan untuk menunjang proses produksi dari pembudidayaan ikan cupang.

Baca Juga: 4 Jenis Ikan Cupang yang Bisa Hasilkan Cuan, Cek di Sini

Berikut ini prasarana apa saja yang harus diperhatikan dalam pembudidayaan ikan cupang:

1. Akses Jalan

Salah satu strategi untuk lokasi budidaya adalah akses jalan menuju lokasi budidaya ikan cupang. Jalan tersebut diusahakan terhubung dengan jalan besar dan memiliki kondisi yang baik sehingga jenis kendaraan apapun dapat mengaksesnya.

Baca Juga: Bisnis Ikan Cupang Hasilkan Cuan, Ayo Siapkan 9 Sarana Budidaya Berikut Ini

Selain itu, kedekatan lokasi kolam budidaya dengan tempat tinggal pemilik juga perlu diperhatikan agar pengontrolan berkala dapat dilakukan dengan baik. Akses jalan yang baik dapat mendukung setiap proses akomodasi yang dilakukan oleh suatu usaha.

2. Listrik

Ketersediaan listrik merupakan kebutuhan mendasar bagi suatu usaha, termasuk budidaya ikan cupang. Kapasitas listrik yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan operasional, dapat mendukung kegiatan budidaya ikan cupang secara maksimal.

Dengan demikian, kegiatan budidaya kan berjalan lancar dan meminimalisir gangguan akibat permasalahan listrik di lokasi pembudidayaan. Ketersedian listrik ini berfungsi untuk menghidupkan pompa air dan lampu sebagai penerangan kolam serta tempat pemijahan ikan cupang.

3. Sumber Air

Ketersediaan air ini dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan air bagi komoditas budidaya ikan cupang. Sumber air yang baik, yaitu berasal dari mata air langsung melalui sistem pipanisasi dengan debit air berkisar 2-5 liter/detik. Debit tersebut dimanfaatkan untuk mengisi kolam budidaya berukuran 7x3 m².

Selain itu, perhatikan kualitas air dengan baik. Air berkualitas baik memiliki tingkat keasaman (pH) 6,5-7,5 dengan suhu 24°C-27°C yang cocok untuk media hidup ikan cupang.

4. Jaringan Komunikasi

Jaringan komunikasi merupakan sarana pendukung untuk menunjang proses jual beli dalam suatu bisnis. Dengan jaringan yang memadai, proses komunikasi dengan konsumen/pembeli menjadi mudah, seperti pada proses pemesanan dan konsultasi mengenai pembudidayaan ikan cupang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini