Bangun Pabrik Paracetamol, Holding BUMN Farmasi Susun Roadmap Kurangi Impor

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 320 2341103 bangun-pabrik-paracetamol-holding-bumn-farmasi-susun-roadmap-kurangi-impor-tORudd1Q8D.jpg Obat (Shutterstock)

JAKARTA - Holding BUMN Farmasi, PT Bio Farma (Persero) telah menyusun dokumen rencana kerja atau roadmap ihwal pengurangan impor bahan baku farmasi. Pembuatan roadmap tersebut seiring dengan upaya PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) dengan PT Kimia Farma (Persero) Tbk, mengembangkan Bahan Baku Obat (BBO) paracetamol

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, pihaknya telah memiliki roadmap untuk mengurangi bahan baku impor. Di sisi lain, manajemen juga berupaya memperkuat value chain ekosistem industri kesehatan dengan pendirian pabrik BBO.

 Baca juga: Kemandirian Farmasi Nasional, RI Bangun Pabrik Paracetamol

Dengan begitu, manajemen perseroan berharap dapat meningkatkan bahan baku farmasi di Tanah Air dan memperkuat kinerja bisnisnya.

“Tentunya kami sangat mengapresiasi kerja sama ini dan kami berharap dapat memperkuat kemandirian industri farmasi nasional, sekaligus meningkatkan value chain produk petrokimia yang dihasilkan oleh Pertamina” ujar Honesti Jumat (8/1/2021).

 Baca juga: Bangun Industri Farmasi, Wamen BUMN: 3.800 Ton Paracetamol Siap Diproduksi

Holding BUMN Farmasi itu sebelumnya telah berupaya memperkuat value chain ekosistem industri kesehatan ini dengan pendirian pabrik BBO Kimia Farma Sungwun Pharmacopia. Dengan menggandeng partner yang strategis, diharapkan efisiensi dari kerja sama bisnis ini dapat terwujud. "Kerja sama ini dapat menjadi solusi atas permasalahan ketersediaan bahan baku produk," kata dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini