4 Tips Sukses Memulai Bisnis Makeup Artist

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 455 2345020 4-tips-sukses-memulai-bisnis-makeup-artist-DZdTAUDrqc.jpg Makeup (Foto: okezone)

JAKARTA – Merias wajah memang telah menjadi kebutuhan bagi kaum wanita. Mereka dapat tampil lebih percaya diri dengan riasan atau make up yang sempurna. Oleh karena itu, bisnis makeup artist atau biasa disebut MUA terbilang sangat menjanjikan, baik sebagai pekerjaan utama maupun sampingan.

Jasa MUA ini banyak dibutuhkan untuk acara pernikahan, wisuda, photoshoot, prewedding, acara-acara formal, maupun non formal, dan lainnya. Bisnis ini juga semakin populer seiring dengan berkembangnya teknologi rias dan tren makeup artist.

Mengutip buku berjudul Profesional dan Mapan Lewat Bisnis Recehan oleh John Afifi, bisnis makeup artist tergolong bisnis ‘recehan’, namun jika mampu menggaet banyak pelanggan, maka uang yang diperoleh pasti melimpah.

Baca Juga: Bikin Usaha dari Duit BLT? Cek di Sini

Berikut ini tips untuk meraih kesuksesan dan keuntungan besar dengan memulai bisnis makeup artist.

1. Kuasai keterampilan makeup

Sebagai makeup artist tentu membutuhkan keterampilan makeup. Dalam hal ini bisa dengan melakukan eksperimen dengan beberapa merek kosmetik supaya lebih memahami penggunaan secara tepat.

Ketahui jenis-jenis kosmetik yang cocok untuk jenis kulit tertentu. Pelajari juga teknik-teknik makeup untung menunjang kemampuan MUA.

 

2. Ikuti kursus atau pelatihan

Untuk mengembangkan keterampilan dan menambah wawasan seputar makeup, ada baiknya mengikuti kursus atau pelatihan yang diadakan oleh seorang professional. Pilihlah pelatihan yang biayanya masih terjangkau.

3. Lakukan promosi

Promosikan bisnis makeup artis yang dijalankan melalui media sosial, terutama Instagram. Kelola media sosial tersebut dengan mengunggah foto-foto hasil riasan yang telah dilakukan dan jadikan sebagai portofolio. Pilih foto terbaik dan yang dirasa paling menarik sehingga mampu menarik minat pelanggan.

4. Pasang tarif yang wajar

Sebagai orang yang baru memulai bisnis MUA, pasang tarif jasa yang wajar. Jangan terlalu mahal atau justru sangat murah. Ikuti pula perkembangan dunia makeup, agar mampu menghadirkan riasan terbaru sesuai dengan tren yang sedang berkembang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini