5 Cara Menghemat Premi Asuransi Mobil dan Rumah

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 22:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 622 2345074 5-cara-menghemat-premi-asuransi-mobil-dan-rumah-uZPDHJ1FWn.jpg Asuransi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA Asuransi tentunya dimiliki oleh sebagian orang, baik asuransi rumah dan asuransi kendaraan. Namun, memiliki asuransi tersebut bisa saja membuat tabungan menjadi hilang hingga jumlah yang besar.

Oleh sebab itu, pandai-pandainya dalam mengelola asuransi rumah dan kendaraan, seperti mobil yang dimiliki.

Dilansir dari Real Simple, Jakarta, Jumat (15/1/2021), menurut survei dari Bankrate, hampir setengah (46%) dari mereka yang memiliki asuransi pemilik rumah dan 36% dengan asuransi mobil tidak membahas polis mereka saat ini atau berbelanja polis baru pada tahun 2020. Namun, melakukan hal itu menawarkan potensi penghematan yang besar.

“Memang, hanya dengan meninjau kebijakan Anda saat ini dan membandingkannya terhadap apa yang perusahaan lain bisa menawarkan. Anda memiliki potensi untuk menghemat,” kata Insurify ahli asuransi Tanveen Vohra.

Baca Juga: Industri Asuransi Bertahan Selama Pandemi Covid-19, Caranya? 

Berikut ini telah dirangkum 5 cara menghemat asuransi mobil dan pemilik rumah.

 

1. Gunakan Alat Perbandingan

Bandingkan penawaran dari setiap perusahaan asuransi untuk memastikan polis tersebut memiliki jumlah pertanggungan yang Anda butuhkan. Sesuaikan dengan kebutuhan dan minta penjelasan ke perusahaan asuransi secara rinci supaya memahami apa yang mereka tawarkan.

2. Jangan Abaikan Perusahaan Asuransi Kecil

Menurut seorang analis Bankrate, Stephen Kates, bandingkan tarif di beberapa perusahaan, dan jangan abaikan perusahaan asuransi yang lebih kecil karena bisa saja perusahaan kecil itu menawarkan harga yang kompetitif juga.

"Hanya karena perusahaan asuransi bukan nama besar, bukan berarti mereka tidak dapat menawarkan harga yang kompetitif," jelasnya.

3. Tanyakan tentang Diskon Tak Terduga

Sebagian besar perusahaan asuransi, kata Kates, akan menawarkan diskon untuk memaketkan polis, membayar premi di muka atau melewatkan laporan kertas.

Kemudian, Andrea Collins, Wakil Presiden Pemasaran Hippo juga mengatakan bahwa setiap orang berhak mendapat diskon tak terduga dari perusahaan asuransi itu.

Pindah ke perusahaan asuransi yang terjaga keamanannya, membentuk asosiasi pemilik rumah lokal dan menghabiskan waktu tertentu tanpa membuat klaim merupakan semua hal yang dapat menurunkan biaya asuransi pemilik rumah. Untuk perlindungan mobil, manfaatkan diskon jarak tempuh rendah, kursus mengemudi defensif, dan perangkat anti-maling.

4. Pertimbangkan untuk Melewatkan Cakupan Komprehensif

 

Pertimbangkan untuk melewatkan cakupan komprehensif dan tabrakan untuk mobil lama yang dimiliki. Ben Moore, pakar asuransi NerdWallet, merekomendasikan untuk melewatkan perlindungan komprehensif dan tabrakan jika mobil sudah berusia lebih tua dan nilainya turun.

“Nilai mobil yang rendah dikombinasikan dengan pengurangan yang tinggi mungkin berarti Anda membayar untuk pertanggungan yang lebih banyak daripada yang akan Anda dapatkan dalam klaim,” kata Moore.

5. Lakukan Beberapa Perubahan Kecil pada Rumah untuk Penghematan

“Anda biasanya bisa mendapatkan diskon minimal 5% untuk detektor asap, alarm pencuri atau kunci dead-bolt,” catat Insurance Information Institute.

Membuat rumah lebih “tahan bencana” dengan menambahkan benda-benda, seperti penutup jendela, memperkuat atap, atau membeli bahan atap yang lebih kuat juga merupakan cara yang baik untuk berhemat. Saat mendapatkan penawaran dari perusahaan asuransi, pastikan untuk memperhitungkannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini