Terpukul dan Menjerit, Pengusaha Mal hingga Hotel Minta PPKM Dihentikan

Ferdi Rantung, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 320 2346559 terpukul-dan-menjerit-pengusaha-mal-hingga-hotel-minta-ppkm-dihentikan-dHQEYf46nK.jpg Apindo Tolak PPKM Dilanjutkan. (Foto: Okezone.com/Ferdi)

JAKARTA - Para pengusaha meminta Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dimulai sejak 11 Januari tidak dilanjutkan. Mereka mengaku sangat kesulitan dengan kondisi saat ini.

"PPKM ini benar-benar memukul sektor usaha mal, hotel dan restoran. Kami berharap kebijakan ini tidak diperpanjang lagi," ujar Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani, dalam konferensi pers virtual, Senin (18/1/2021).

Baca Juga: Sempat Kebanjiran, Begini Kondisi Terkini Mal di Manado

Jika kebijakan tersebut diperpanjang, Hariyadi berharap, pemerintah memberi sejumlah kelonggaran kepada mal, retail dan hotel serta restoran yang telah menerapkan protokol kesehatan ketat. Kelonggaran itu di antaranya sektor usaha boleh tetap beroperasi sampai jam 21.00 dengan kapasitas dine in maksimal 50%.

Baca Juga: 6 Fakta PPKM, Mal Kian Sepi Pengusaha pun Merugi

"Sebab pusat perbelanjaan atau mal, tenant dan toko ritel modern sudah menerapkan protokol kesehatan ketat sehingga bukan merupakan cluster penyebar Covid-19" ujarnya

Dia menambahkan, dengan adanya kelonggaran ini setidaknya dapat memperpanjang nafas para pelaku usaha. Pasalnya, selama pandemi cash flow para pelaku usaha sangat tertekan.

"Harapannya dengan kelonggaran ini tidak membuat kami terpuruk lagi khususnya bagi mal dan restoran" tandasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini