Elon Musk Raup Banyak Cuan Selama 4 Tahun Donald Trump Menjabat

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 09:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 455 2348867 elon-musk-raup-banyak-cuan-selama-4-tahun-donald-trump-menjabat-pXj5wfTw95.jpg CEO Tesla Elon Musk. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Founder and CEO Tesla Elon Musk menjadi orang paling beruntung sejak Donald Trump menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) dalam periode 20 Januari 2017 hingga pada 19 Januari 2021. Pasalnya, selama empat tahun itu, kekayaan Musk melonjak lebih dari USD170 miliar.

Dilansir dari Forbes, Jumat (22/1/2021), saham Tesla naik sebesar 1.625% selama empat tahun terakhir. Kekayaan Musk telah tumbuh dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pada hari Trump menjabat, Musk hanya memiliki kekayaan bersih USD12,9 miliar. Kini, dia terdaftar sebagai orang nomor dua terkaya di dunia yang memiliki harta sebanyak USD184 miliar.

Baca Juga: Lama Menghilang, Jack Ma Akhiri Kebungkaman Lewat Video Online

Dengan harta sebanyak itu, kekayaan Musk terpaut USD6 miliar di belakang orang terkaya di planet ini, yaitu CEO Amazon Jeff Bezos, yang mana kekayaannya mencapai USD190 miliar. Sebelumnya, pada 8 Januari 2021, Musk sempat mengambil posisi satu dari Bezos, namun CEO Amazon akhirnya merebutnya kembali pada 13 Januari 2021.

Meski begitu, kenaikan saham Tesla tersebut bukan dipicu dari kebijakan Trump selama menjadi orang nomor satu di Negeri Paman Sam itu. Tapi, Tesla telah memenangkan hati investor dengan memperkenalkan kendaraan baru, meningkatkan pengiriman, dan mengalahkan ekspektasi analis.

Baca Juga: Jack Ma Akhirnya Muncul ke Publik Setelah Berbulan-bulan Menghilang

Sebab, keduanya sempat berseteru sejak 2016. Saat itu, Musk menjadi dewan penasihat Trump, yang bertugas mengadvokasi kelestarian lingkungan.

Namun, ketika Trump mengumumkan kepada dunia pada 2017 bahwa Amerika Serikat akan menarik diri dari Perjanjian Iklim Paris, Musk memutuskan untuk berhenti. “Perubahan iklim itu nyata, meninggalkan Paris tidak baik bagi Amerika atau dunia,” kata Musk saat itu.

Baru-baru ini, Trump melunak kepada Musk. Dia memujinya dengan menyebutnya sebagai salah satu orang jenius yang dimiliki Amerika. Hal itu setelah Musk mengembangkan usahanya dengan membuat perusahaan roket bernama SpaceX.

Dengan Joe Biden berhasil memenangkan pesta demokrasi dan menjadi Presiden AS ke-46, diprediksi saham Tesla akan terus moncer. Karena, kini senat kembali dipegang oleh Partai Demokrat, yang mana agendanya adalah mendukung kelestarian lingkungan.

Hal itu kian dikuatkan dengan pergerakan Saham Tesla yang meningkat lebih dari 100% selama tiga bulan terakhir, menandakan antisipasi investor bahwa pemerintahan Biden akan lebih bersahabat dengan kendaraan listrik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini