Share

Bos OJK Yakin Ekonomi RI Tumbuh 4,5,%-5%

Djairan, Jurnalis · Minggu 07 Februari 2021 01:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 07 320 2357821 bos-ojk-yakin-ekonomi-ri-tumbuh-4-5-5-rsDzOIzzmW.jpg Wimboh Santosa meyakini Indonesia tumbuh 4.5%-5%. (Foto: Antara)

JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso yakin pertumbuhan ekonomi (PDB) Indonesia pada 2021 mencapai 5 persen. Ini melihat pengalaman krisis ekonomi di masa lalu menunjukkan pertumbuhan pasca-krisis cenderung melesat.

Ini menjadikan ada ruang pertumbuhan untuk Indonesia kembali ke posisi PDB normal di level 5%. "Proyeksi kita PDB Indonesia tahun ini 4,5% hingga 5%. Kita kan sudah melewati beberapa kali masa krisis ekonomi. Dulu pernah kredit tumbuh 25% setelah krisis dan PDB di atas 7%. Tapi, di normal baru, sulit mencapai pertumbuhan lebih tinggi," ujar Wimboh dalam live streaming Ikatan Alumni UNS, Sabtu (6/2/2021).

Baca Juga: Ekonomi RI Masih Resesi, 3 Kali Pertumbuhan Minus

Namun, dia mengatakan, pertumbuhan membutuhkan dampak dari vaksinasi sehingga perlu waktu. Indikator yang jelas bisa dilihat bila telah terjadi normalisasi okupansi hotel dan penerbangan. 

"Tentu akan butuh waktu. Harapannya pada vaksinasi," katanya.

.

OJK telah menyiapkan strategi mendukung pemulihan ekonomi nasional dengan berbagai kebijakan seperti perpanjangan Restrukturisasi Kredit/Pembiayaan, Penurunan Bobot Risiko Kredit (ATMR) bagi kredit properti, kredit kendaraan bermotor, lalu mendorong penyaluran kredit untuk sektor kesehatan melalui Pelonggaran Batas Maksimum Pemberian Kredit (BMPK), dan Penurunan Bobot Risiko Kredit (ATMR).

OJK juga siap meningkatkan akses keuangan UMKM melalui perluasan Pilot Project KUR Klaster, pendirianbank Wakaf Mikro, Lembaga Keuangan Desa, dan Platform UMKM-MU yang didukung peran Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini