UMKM Pinjam ke Bank untuk Beli Bahan Baku hingga Alat Produksi

Aditya Pratama, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 320 2364187 umkm-pinjam-ke-bank-untuk-beli-bahan-baku-hingga-alat-produksi-VzRGdz2sEN.jpg Pinjaman UMKM Banyak Digunakan untuk Beli Bahan Baku. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengungkapkan bahwa pinjaman baru yang diajukan para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), secara umum digunakan sesuai tujuan pemberiannya. Misalnya, membeli bahan baku.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengatakan, penggunaan pinjaman yang dilakukan UMKM dalam hal pembelian bahan baku seperti benih atau bibit, pupuk, obat-obatan atau pestisida dan juga barang dagangan.

Baca Juga: UMKM Bebas Pajak Penghasilan Tahun Ini, Cek Syaratnya

"(Penggunaannya) Itu 56,7%, terutama hal ini terjadi pada kategori usaha kecil dan mikro," ujar Sunarso dalam Press Conference BRI Micro & SME Index secara virtual, Kamis (18/2/2021).

Kemudian, sebanyak 25,6% pelaku UMKM menggunakan pinjamannya untuk membeli peralatan produksi atau usaha terutama kategori usaha ritel atau menengah dan lainnya sebanyak 9,7%. 

Baca Juga: Ekspor RI Didominasi Pengusaha Besar, UMKM Kesulitan

"Yang bisa disimpulkan bahwa meskipun aktivitas menurun tetapi sesungguhnya optimisme itu masih tetap terjaga, tetap optimis dan bahkan Indeks Kepercayaan Pemerintah dari pelaku UMKM masih sangat tinggi," kata dia.

Sunarso menuturkan, apa yang dilakukan Bank BRI didasarkan pada data base yang semakin baik dan kemudian didasarkan pada riset-riset yang kualitasnya makin baik.

"Sehingga kita merencanakan beberapa program dalam rangka memenuhi komitmen itu bisa kita address," ucapnya.

Dalam survei ini, Bank BRI mendapatkan temuan menarik, dimana penilaian terhadap kinerja pemerintah masih tetap tinggi. Hal ini terlihat pada meningkatnya Indeks Kepercayaan Pelaku (IKP) UMKM kepada pemerintah pada kuartal IV-2020 naik ke level 136,3.

UMKM juga lebih yakin bahwa perekonomian akan kembali pulih apabila pandemi berhasil dikendalikan dan selain itu rencana pemerintah yang akan terus membantu pemulihan sektor UMKM melalui kelanjutan PEN 2021 juga turut menambah keyakinan para pelaku UMKM.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini