Banyak Pengusaha Negosiasi Ulang Sewa Kantor karena WFH

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 470 2368858 banyak-pengusaha-negosiasi-ulang-sewa-kantor-karena-wfh-EKHF2N1ggC.jpg Perkantoran (Shutterstock)

JAKARTA - Kebijakan work from home atau bekerja dari rumah (WFH) mengubah aspek kerja. Sebab dengan kondisi saat ini, orang dapat memilih tempat sendiri untuk bekerja dari luar perkantoran selama masih sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Head of Office Services of Colliers Internasionals Indonesia Bagus Adikusumo mengatakan, akan terjadi negosiasi kontrak antara penyewa dan pemilik tenant. Mengingat, kebijakan WFH dan efisiensi biaya hunian akan terus berlanjut dalam beberapa tahun ke depan.

 Baca juga: PPKM Mikro Diperpanjang, Karyawan 50% WFH

“Dengan efisiensi biaya hunian dan pelaksanaan bekerja dari rumah yang kemungkinan besar akan terus berlanjut selama beberapa tahun ke depan, hal pertama yang akan terjadi adalah negosiasi ulang kontrak sewa, dengan kemungkinan adanya pengurangan area sewa dan pembaruan sewa yang lebih awal,” ujarnya kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (26/2/2021).

Menurutnya, Bagus, salah satu tujuan perusahaan adalah mempertahankan keuntungan dan memastikan keberlanjutan perusahaan. Dalam masa yang tidak pasti seperti sekarang, perusahaan perlu mengadopsi strategi yang tepat yang sejalan dengan prospek bisnisnya dan sumber daya yang tersedia.

 Baca juga: Permintaan Ruang Perkantoran Masih Tinggi, Terbanyak Perusahaan Teknologi

Menurut Bagus, dengan penerapan kebijakan bekerja dari rumah yang dikeluarkan banyak perusahaan yang menyadari beberapa hal. Salah satunya adalah melalui teknologi, bisnis dapat terus beroperasi tanpa mengharuskan semua karyawan untuk melakukan pelaporan langsung ke kantor.

“Realisasi ini mengarahkan perusahaan pengguna kantor untuk mempertimbangkan kembali kebutuhan ruang kantor mereka dan hal itu akan mempengaruhi keputusan mengenai sewa kantor di masa mendatang,” jelasnya.

Secara umum, saat ini banyak perusahaan yang menghadapi situasi di mana ruang kantornya tidak dimanfaatkan secara maksimal akibat pandemi covid-19. Dan memaksa karyawannya untuk menerapkan strategi bekerja dari rumah.

“Banyak perusahaan mencoba mengurangi ruang kantor mereka dan melakukan negosiasi ulang dengan pemiliknya beberapa berhasil mencapai kesepakatan dalam negosiasi ulang dan beberapa tidak,” kata Bagus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini