Swasta Garap Proyek Strategis, Erick Thohir: Mereka Punya Keahlian dan Pengalaman

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 320 2371645 swasta-garap-proyek-strategis-erick-thohir-mereka-punya-keahlian-dan-pengalaman-z34D32LFx6.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Pemerintah membuka peluang perusahaan swasta untuk ambil dalam pengembangan sejumlah Proyek Strategi Nasional (PSN). Kesempatan itu didasari pada inovasi dan model bisnis yang dilakukan swasta saat ini.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut, Store Operating Income (SOI) atau pendapatan bersih sebagai hasil dari proses operasional bisnis perusahaan swasta berdampak besar bagi perekonomian nasional.

Baca Juga: Resmikan Nongsa D-Town Batam, Airlangga: Ini Jembatan Digital Indonesia-Singapura!

"Kami sadar sepenuhnya, dampak nyata yang mereka berikan dapat meningkatkan kinerja SOI Indonesia, dan memberikan nilai lebih bagi perekonomian Tanah Air," ujarnya gelaran MNC Group Investor Forum 2021 Rabu (3/3/2021).

Pemerintah terus merangkul pihak swasta. Dalam catatan Erick, kerja ama antara pemerintah dan swasta dilakukan di sejumlah PSN.

Misalnya, pembangunan ekosistem industri baterai kendaraan listrik, pembangunan Kawasan Industri Terpadu (KIT), pengembangan wilayah Sanur, Bali, menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), serta proyek infrastruktur strategis lainnya.

Baca Juga: 201 Proyek Strategis Nasional Lanjut meski Pandemi Corona Belum Berakhir

Kerjasama itu akan ditempuh dalam skema Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Sovereign Wealth Fund (SWF). Dalam pengelolaan aset, LPI dapat menunjuk manajer investasi untuk mengelola investasi sesuai dengan kebijakan investasi yang diatur dalam perundang-undangan (UU).

"Kita harus merangkul sektor swasta, mereka punya keahlian dan pengalaman. (Rangkul) Mulai dari membangun industri baterai hingga membenah kawasan industri Batang, hingga pembiayaan proyek infrastruktur strategis melalui sovereign wealth fund Indonesia, atau kita sebut dengan LPI" kata dia.

Terkait dengan skema SWF, pemerintah telah melalui manajemen LPI tengah menyusun aturan teknisnya. Dimana, Dewan Direktur LPI akan menetapkan peraturan khusus ihwal ketentuan penunjukan manajer investasi tersebut.

Manajer investasi adalah perusahaan atau lembaga badan hukum yang telah memperoleh persetujuan atau izin dari otoritas untuk beroperasi sebagai manajer investasi. Secara khusus manajer investasi bertugas melakukan pengelolaan aset.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini