7 Fakta Uang Soekarno Bisa Melengkung Sendiri, Nomor 5 Bawa-Bawa Jin

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 320 2371652 7-fakta-uang-soekarno-bisa-melengkung-sendiri-nomor-5-bawa-bawa-jin-VZkp68hDSV.jpg Uang Seribu Soekarno. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Beredar video yang menampilkan uang kuno Rp1.000 bergambar Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno. Video ini tengah viral di media sosial TikTok.

Video yang diunggah oleh pemilik akun TikTok @rinagustiana_ ini diberi judul ‘Kok Bisa Melengkung Sendiri Uangnya’. Video tersebut diberi thumbnail ‘Aneh, uang Rp1000 yang gambarnya Soekarno bisa melengkung sendiri dong’.

Terkait hal itu, Okezone telah merangkum beberapa fakta menarik, Rabu (3/3/2021).

1. Uang Kuno Rp1.000 Milik Rina adalah Pemberian dari Sang Suami

Rina sendiri menceritakan awal mula dirinya bisa memiliki uang kuno tersebut. Menurut Rina, uang tersebut didapat dari sang suami yang sudah disimpan sejak lama.

Baca Juga: Uang Rp1.000 Bergambar Soekarno Ditawar Rp5 Miliar tapi Ada Syaratnya

"Sebetulnya beberapa uang kuno itu punya suami saya, dia dikasih oleh almarhum ayahnya. Yang kemudian diberikan kepada saya untuk disimpan. Saya dan suami sudah menyimpan uang tersebut bertahun-bertahun," jelasnya.

2. Rina Awalnya Tak Menyadari Kalau Uang Tersebut Bisa Melengkung Sendiri

Awalnya, Rina mengaku tidak mengetahui jika uang Rp1.000 itu bisa melengkung sendiri. Kemudian karena penasaran, dirinya pun mencoba untuk membuktikan sendiri kebenaran dari informasi yang didapat dari Google tersebut.

"Suatu ketika saya buka lagi uang-uang tersebut, saya searching google. Ternyata salah satu dari uang kuno tersebut ada uang Rp1.000 pak Soekarno. Yang konon berdasarkan google, bisa melengkung sendiri. Sehingga akhirnya saya coba dan ternyata benar. Lalu saya iseng buatkan video tentang uang yang bisa melengkung tersebut," jelasnya.

3. Uang Tersebut Pernah Ditawar hingga Rp5 Miliar

Menurut wanita yang berprofesi sebagai Bidan itu, bahkan dirinya pernah menerima tawaran mencapai Rp5 miliar. Meskipun dirinya juga masih belum mengetahui apakah orang tersebut benar-benar berniat untuk membeli atau hanya sekedar melakukan penawaran.

Baca Juga: 5 Fakta Hebohnya Uang Redenominasi Bergambar Jokowi

"Benar yang nawar sampai Rp5 miliar. Cuma saya enggak tahu kebenarannya, apa benar-benar ingin membeli atau hanya sekadar menawar," katanya.

4. Rina Tak Keberatan Bila Ada Kolektor yang Ingin Membeli Uang Rp1.000 Tersebut

Wanita asal Banjaran, Kabupaten Bandung itu pun mengaku tidak percaya jika video isengnya banyak menarik minat dari kolektor. Rina pun mengaku tidak keberatan untuk menjual uang tersebut jika ada yang membeli dengan harga yang fantastis.

5. Bukan Ada Jin, Ini Penyebab Uang Soekarno Bisa Melengkung Sendiri

Sekretaris Jenderal Masyarakat Numismatik Surabaya (MNS) Ali Budiono menjelaskan, uang itu bukan uang seri Soekarno yang resmi dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI). Dia menilai, fisik kertas tersebut buruk apabila dibandingkan uang cetakan bank sentral.

"Fisik kertasnya tipis dengan lapisan kilin yang tebal, sehingga bisa terkena panas tangan manusia akan melengkung," katanya kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (3/3/2021).

6. Uang Tersebut Tak Hanya Bisa Melengkung di Atas Tangan Saja

Tak hanya di atas tangan manusia, kata Ali, uang tersebut juga bisa melengkung pada benda-benda yang terpapar panas seperti keramik atau air. Dia menepis anggapan sebagian masyarakat bahwa uang itu melengkung karena sihir.

"Jadi bukan karena ada jin atau kodamnya, seperti yang diisukan hoaks di masyarakat tentang uang ini," katanya.

7. Kolektor Sebut Faktanya Uang Tersebut Tak Memiliki Nilai Jual Tinggi

Di kalangan numismatik atau kolektor uang kuno, kata Ali, uang tersebut dikategorikan sebagai uang fantasi, uang souvenir, atau uang mainan. Selain itu, uang tersebut tak memiliki nilai jual tinggi.

"Harga uang ini di pasaran sekitar Rp10.000-Rp15.000 saja," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini