Hipmi: Covid-19 Buat Sektor Usaha Melemah

Ferdi Rantung, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2021 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 05 320 2372796 hipmi-covid-19-buat-sektor-usaha-melemah-dJe9zWbamm.jpeg Waspada Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H. Maming mengatakan tema Rakernas tahun ini yakni Berinovasi Bangkitkan Ekonomi sangat relevan dengan kondisi saat ini yang melemah karena pandemi Covid-19.

"Sebuah tema yang sangat relevan dengan kondisi ekonomi kita dan tentunya dunia saat ini, dimana pandemi Covid-19 menyebabkan berbagai sektor usaha melemah," Kata maming dalam sambutannya saat pembukaan Rakernas Hipmi, Jumat (5/3/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Kabinet Indonesia Maju Kayak Kabinet HIPMI

Dia menjelaskan, dampak pandemi Covid-19 sangat dirasakan oleh berbagai pihak, terutama di sektor UMKM, di mana 80% anggota HIPMI merupakan bagian dari sektor usaha paling dominan dalam perekonomian ini. Oleh karena itu, dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi nasional, HIPMI menjalin kerjasama dengan beberapa BUMN.

"Seperti Bank BRI untuk penyaluran kredit bagi UMKM. HIPMI juga bekerjasama dengan PT. Garuda sebagai maskot penerbangan nasional untuk memfasilitasi logistik UMKM yang sempat terganggu akibat pandemi," jelasnya.

Baca Juga: Gelar Rakernas ke XVII, Hipmi Kumpulkan Erick Thohir hingga Sandiaga Uno

Dia juga mengapreasiasi langkah Pemerintah dalam mengesahkan Undang- Undang Cipta Kerja tahun lalu. Menurutnya, Undang-Undang tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan, pelindungan dan pemberdayaan bagi UMKM.

"Dari segi investasi, Undang-Undang ini diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi investor untuk berinvestasi di tanah air," ujarnya.

HIPMI juga mengapresiasi Langkah penanganan pandemi covid-19 oleh pemerintah, terutama terkait pengadaan dan pelaksanaan vaksinasi yang berjalan saat ini. Pihaknya berharap pemerintah dapat memberikan pelaku usaha untuk melakukan vaksin mandiri.

"Kami juga berharap agar HIPMI dapat diberikan ruang untuk melaksanakan vaksin mandiri agar dapat membantu pemerintah untuk mempercepat program vaksinasi yang sedang berjalan," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini