4 Cara Berbisnis dengan Modal Kecil, Mitra Usaha Salah Satunya

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Minggu 07 Maret 2021 20:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 07 455 2373662 4-cara-berbisnis-dengan-modal-kecil-mitra-usaha-salah-satunya-iLGy0xpzLf.jpg Personal Finance (Shutterstock)

JAKARTA – Membuka bisnis adalah impian bagi sebagian orang. Tujuannya adalah untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Namun, keterbatasan modal terkadang menjadi salah satu hambatannya.

Tidak memiliki modal yang banyak bukan berarti tidak bisa mulai menjalankan usaha. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menutupi kekurangan tersebut. Seseorang harus kreatif dalam mencari modal tambahan agar bisnis segera dijalankan.

 Baca juga: Perhatikan 3 Hal ini Sebelum Buka Bisnis Refinishing Furnitur

Dilansir dari The Balance Small Business, Jakarta, Senin (7/3/2021), ada beberapa tips untuk mendapatkan modal tambahan ketika ingin menjalankan bisnis pribadi. Berikut cara nya.

1. Rangkul Konsep Bootstrap

Bootstrap adalah saat memulai bisnis menggunakan sumber daya yang terbatas, mempelajari cara mengambil jalan pintas sehingga pada dasarnya dapat menggunakan sedikit atau tidak ada uang untuk memulai bisnis.

 Baca juga: 5 Kiat Sukses Jalankan Bisnis Minuman Sehat

Ada cara untuk mem-bootstrap proses start-up, pemasaran, dan bahkan cara menjalankan bisnis secara berkelanjutan. Kuncinya adalah menggunakan pemasaran dari mulut ke mulut dan jaringan aktif untuk menyebarkan berita tentang bisnis dengan rinci.

2. Berkreasi dengan Opsi Pendanaan

Seseorang tidak harus memiliki semua modal awal dan juga tidak harus mendanai bisnis hanya dengan satu sumber uang.

Beberapa kemungkinan sumber pendanaan mungkin termasuk pinjaman usaha kecil, hibah bisnis kecil, kartu kredit, teman dan keluarga, crowdfunding, tabungan pribadi, investor, dan rollover sebagai Startup Bisnis (ROBS)

Pertimbangkan semua opsi yang tersedia, lalu padu padankan untuk menemukan kombinasi yang menyediakan modal yang dibutuhkan dengan syarat yang dapat dijalani.

3. Bermitra/Bersekutu

Apa yang tidak dapat dilakukan sendiri, mungkin dapat dilakukan dengan sedikit bantuan. caranya bisa pergi ke jalur formal dan mengubah bisnis menjadi kemitraan.

Bermitra memiliki potensi untuk melipatgandakan tidak hanya investasi keuangan yang tersedia untuk bisnis, tetapi juga dapat menyebarkan pekerjaan dan risikonya sehingga tidak semuanya ada pada diri sendiri.

Jika kemitraan tidak persis seperti yang dipikirkan, membawa dukungan luar melalui pengaturan barter atau pertukaran layanan dapat dilakukan. Pastikan memiliki kontrak atau perjanjian di salah satu situasi ini untuk melindungi diri dan bisnis.

4. Pertahankan Pekerjaan Utama

Beberapa bisnis terbaik dimulai sebagai pekerjaan sambilan sambil mendapatkan keuntungan dari penghasilan utama.

Memulai bisnis secara paruh waktu sambil tetap bekerja akan memberikan beberapa keuntungan yang dapat membuat perbedaan besar karena dapat menjaga stabilitas keuangan..

Berhati-hatilah agar tidak konflik antara pekerjaan utama dan bisnis baru. Kemudian, pastikan untuk melakukan semua aktivitas bisnis saat tidak bekerja dan bersiaplah untuk mengetahui kapan saatnya untuk mengambil risiko dan menjadikan bisnis sebagai sumber penghasilan utama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini