Askolani Jadi Dirjen Bea Cukai, Ini Sederet Tugas dari Sri Mulyani

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 12:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 320 2376579 askolani-jadi-dirjen-bea-cukai-ini-sederet-tugas-dari-sri-mulyani-7Plkh5Fuad.jpg Askolani Jadi Dirjen Bea Cukai. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan tugas khusus pada pejabat eleson 1 yang baru saja dilantik hari ini. Askolani yang menjadi Direktur Jenderal Bea dan Cukai, ditugaskan mempertahankan prestasi DJBC pada tahun sebelumnya yakni target penerimaan negara.

“Selama 2020 Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mencapai target penerimaan negara, itu suatu prestasi. Saya minta tahun 2021 harus tetap dipertahankan dan ini bukan langkah yang mudah,” kata Sri Mulyani dalam video virtual, Jumat (13/2/2021).

Baca Juga: RUU Larangan Minuman Beralkohol, Bea Cukai Antisipasi Banyaknya Miras Ilegal

Dia meminta Askolani dapat melanjutkan program reformasi di tubuh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), serta memperkuat integritas, budaya organisasi, hingga pengeluaran kelembagaan.

"Kepada pak Askolani sebagai Dirjen Bea Cukai, suatu tugas baru dan menantang, banyak reformasi yang sudah dilakukan di masa kepemimpinan pak heru," katanya.

Baca Juga: Tingkatkan Penerimaan Negara, Bea Cukai Ungkap 177 Kasus Penyelundupan

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini meminta Askloni dalam mengoptimalkan penerimaan negara yang berasal dari kepabeanan dan cukai melalui ekstensifikasi dan intensifikasi, serta membangun data analitik yang dijadikan alat penerimaan negara bersama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan.

"Saya akan terus meminta DJBC meningkatkan pelayanan dalam fasilitas perdagangan dan industri dalam rangka mendorong ekspor, di mana Kanwil memiliki tugas mendorong langkah ekspor Indonesia, serta terus melakukan perlindungan bagi perekonomian dan masyarakat berbagai ancaman penyelundupan," tandasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini