Menko Luhut: Visa 5 Tahun bagi Turis Asing Diterapkan Bulan Depan

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 26 Maret 2021 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 320 2384470 menko-luhut-visa-5-tahun-bagi-turis-asing-diterapkan-bulan-depan-96RTnftfgw.jpg Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan mengeluarkan visa lima tahun bagi turis asing untuk mengunjungi Indonesia. Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam Bali Investment Forum secara virtual, Jumat (26/3/2021).

"Saya pikir segera, saya pikir dalam bulan depan ini atau setelah bulan depan," ujar Luhut.

 Baca juga: Erick Thohir Dukung Sandiaga soal Visa Jangka Panjang Deposit Rp2 Miliar

Menurutnya apabila itu diberlakukan, maka turis asing bisa bekerja dari Bali. "Jadi ini adalah detail yang kami siapkan dan kami akan menerapkannya," ungkap dia.

Kemudian, lanjut dia, dengan adanya hal itu dapat memberi kepercayaan kepada investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

 Baca juga: E-Visa Beri Kemudahan Pengurusan Visa

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut visa bagi wisatawan mancanegara yang saat ini sedang dirumuskan bersama Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Berbeda dengan visa kunjungan sebelumnya, long term visa menurutnya memiliki masa waktu lima tahun serta dapat diperbaharui.

"Ini menjadi satu prasyarat utama agar lebih banyak masyarakat dunia digital nomad mempertimbangkan Bali sebagai second home (rumah kedua) dan semakin banyak orang yang bekerja di rumah," ujar Sandi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini