4 Fakta Gunung Emas di Indonesia, Tambang Freeport Sebentar Lagi Habis

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Sabtu 27 Maret 2021 05:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 320 2384602 4-fakta-gunung-emas-di-indonesia-tambang-freeport-sebentar-lagi-habis-R21f4Fr1Q0.jpg Tambang Freeport (Foto: Reuters)

JAKARTA – Viral penemuan gunung emas di Kongo, pada dasarnya Indonesia juga tidak kalah kayanya. Harta karun gunung emas di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dari Sumatera hingga Papua. Sayangnya, sebagian besar dari pertambangan ini dikeruk oleh asing.

Berikut fakta-fakta gunung emas di Indonesia selengkapnya, Sabtu (27/3/2021).

1.BKPM: Indonesia adalah negara kaya

Kepala BKPM Bahlil Lahadia mengatakan, Indonesia merupakan negara kaya namun kekayaan alam di Indonesia bisa saja habis jika tidak dikelola dengan baik. Salah satunya cadangan emas di Freeport bisa saja habis.

"Emas kita luar sekali banyaknya, Freeport sebentar lagi akan habis emasnya," kata Bahlil dalam video virtual, Rabu (3/2/2021).

Baca Juga: Harga Emas 'Meredup' Tertekan Keperkasaan Dolar

2. Emas di Papua dikuasai Freeport puluhan tahun

Bukti besarnya kekayaan alam di Papua, tambang emas di sana sampai sekarang belum juga habis. Sumber daya tersebut sudah puluhan tahun dikelola PT Freeport Indonesia. Mulai dari emas, tembaga, perak dan mineral yang ada di wilayah Pegunungan Tengah Papua.

Perusahaan pertambangan milik Amerika Serikat, Freeport McMoRan, ini sudah lebih dari lima dekade menyedot emas, tembaga, perak, dan mineral lain dari perut bumi di pegunungan tengah Papua. Perusahaan ini awalnya milik asing. Namun kini sudah beralih ke PT Inalum. PT Freeport Indonesia kini memiliki 51,23% saham.

Baca Juga: Harga Emas Naik Naik, Ini Rinciannya

3. Kekayaan Freeport untuk masyarakat Papua

Kepemilikan mayoritas PT Freeport Indonesia akan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran masyarakat di Bumi Cenderawasih. Hal ini diungkapkan sendiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

PT Freeport Indonesia merupakan salah satu perusahaan pertambangan di dunia. Pihak tersebut memasarkan konsentrat yang mengandung tembaga, emas, dan perak ke seluruh dunia.

4. Daerah penghasil emas di Indonesia

Selain Papua, ternyata Indonesia masih menyimpan harta karun di berbagai wilayah. Berikut beberapa wilayah penimbun emas di Indonesia:

- Papua

Daerah penghasil tambang emas terbesar yang di kelola oleh PT Freeport Indonesia. Sampai saat ini papua masih menjadi penghasil tambang emas terbesar di indonesia dengan penghasilan 240 kilogram emas murni setiap hari nya.

- Dompu

Satu lagi tambang emas yang berasal dari Nusa tenggara Barat. Daerah ini termasuk ke dalam daerah dengan sumber emas dan mineral tertinggi di indonesia.

- Gunung Pongkor

Daerah penghasil emas murni Gunung Pongkor terdapat di bagian Pulau Jawa, yang terletak di Jawa Barat. Tambang emas ini mulai beroperasi sejak 1994.

- Sumbawa

Kegiatan penambangan mineral yang di mulai dari tahun 2000 dan merupakan kegiatan kembangan terlama di Indonesia.

- Martabe

Merupakan spot emas murni terbesar dari daerah Sumatera Utara. Penambangan yang dimulai dari tahun 2018, hingga sekarang profit yang didapat dari penambangan emas Martabe terus meningkat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini