Seluruh Titik Api di Kilang Minyak Balongan Akhirnya Padam

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 320 2387282 seluruh-titik-api-di-kilang-minyak-balongan-akhirnya-padam-9PspEudDT4.jpg Pemadaman Kebakaran Kilang Balongan. (Foto: Okezone.com/Pertamina)

JAKARTA - Upaya offensive firefighting secara intensif dilakukan oleh tim emergency Pertamina, sehingga siang ini pada pukul 14.35 WIB seluruh titik api pada 4 tangki T-301 berhasil dipadamkan.

"Alhamdulillah berkat kerja tim dan dukungan berbagai pihak seluruh titik api telah padam," ujar Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto, Rabu (31/3/2021).

Baca Juga: 5 Foto Kondisi Terkini Pemadaman Kilang Minyak Balongan

Agus menuturkan, sebelumnya, tim emergency telah berhasil memadamkan api di T-301H pada pukul 01.30 WIB dini hari, disusul T-301E pada pukul 06.44 WIB dan tangki T-301G pada pukul 08.30 WIB.

Untuk memastikan kondisi pemadaman di seluruh tangki terdampak, PT Pertamina (Persero) masih terus melakukan pendinginan dan pengawasan hingga seluruh titik dinyatakan aman. Setelah dinyatakan tidak ada potensi api akan muncul kembali, selanjutnya persiapan untuk start up pengoperasian kilang akan mulai dilakukan.

Baca Juga: Ahok Hitung Kerugian Kebakaran Kilang Minyak Balongan

"Terima kasih atas doa dan dukungan seluruh pihak dan masyarakat terkait penanggulangan insiden kebakaran di tangki T-301. Semoga Kilang Balongan dapat beroperasi kembali setelah inspeksi menyeluruh dilakukan," pungkas Agus. 

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) tengah menghitung kerugian akibat insiden kebakaran dan meledaknya empat tangki Kilang Refinery Unit (RU) VI di Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Saat ini angka pasti kerugian belum disampaikan manajemen.

Kabar kalkulasi kerugian itu disampaikan Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Sedang direksi hitung. Bisa ditanyakan itu," ujar Ahok saat dihubungi MNC Portal Indonesia.

Baca Juga: Pertamina: Seluruh Kebakaran Kilang Balongan Padam Hari Ini

Meski proses perhitungan tengah dilakukan manajemen BUMN sektor energi tersebut, perkiraan kerugian sementara mencapai ratusan miliar. Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa mencatat, kerugian yang dialami Pertamina akibat terbakarnya Kilang Balongan cukup besar.

"Angka pasti saya enggak bisa jawab, karena saya enggak punya datanya. Perkiraan bisa ratusan miliar, tapi angka pasti saya ngak bisa jawab," kata Fabby saat dimintai pendapatnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini