Begini Kondisi Memori CVR Sriwijaya Air SJ-182

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 320 2387392 begini-kondisi-memori-cvr-sriwijaya-air-sj-182-der4OtMCOQ.jpg Sriwijaya Air (Okezone)

JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) membeberkan kondisi dari kotak hitam atau black box berisi Cockpit Voice Recorder (CVR). Mengingat, ada beberapa pertanyaan terkait kondisi CVR setelah berbulan-bulan tak ditemukan.

Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan Komite Nasional Keselamatan Transportasi Nurcahyo Utomo mengatakan, kondisi unit memory dalam keadaan baik. Dirinya yakin data yang ada dalam CVR ini bisa diunduh.

 Baca juga: Usai Ditemukan, CVR Sriwijaya Air SJ-182 Akan Dikeringkan

“Memory unitnya masih dalam keadaan baik dan kita yakin bisa diunduh,” ujarnya dalam acara konferensi pers virtual, Rabu (31/3/2021).

Sementara itu, Investigator KNKT Ony Soerjo Wibowo mengatakan, kondisi dari memory masih baik. Karena CVR disesain untuk kuat terhadap benturan yang keras seperti kecelakaan pada pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

 Baca juga: Butuh Waktu 3-7 Hari Baca Data CVR Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 hingga Pembicaraan Pilot

“Kalau kondisinya tadi unit memori bagian dari black box yang didesain sedimikan kuatnya enggak akan rusak dengan benturan keras seperti yang terjadi di SJ-182,” jelasnya.

Memang menurut Ony, ada beberapa bagian memory CVR yang tergores. Namun diirinya optimis data yang ada di memory CVR ini bisa diunduh sebagai bahan investigasi.

“CVR tersimpan di kargo belakang sebelum sebelah kanan saat posisi jatuhnya dia untuk keluar dari bagian pesawat harus melawati beberapa material,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini