KNKT Punya Waktu Setahun Investigasi Penyebab Kecelakaan SJ-182

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 320 2387435 knkt-punya-waktu-setahun-investigasi-penyebab-kecelakaan-sj-182-xikEb5ibru.jpg Sriwijaya air (Sriwijaya Air)

JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memberikan bocoran kapan laporan final terkait kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 akan dirilis. Bocoran ini diberikan setelah ditemukannya kotak hitam atau blackbox berisi cockpit voice recorder (CVR) ditemukan. 

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, pihaknya memiliki waktu satu tahun untuk merilis laporan final terkait kecelakan pesawat. Namun, bisa saja laporan final terkait penyebab kecelakaan ini dirilis lebih cepat. 

Baca juga: Begini Kondisi Memori CVR Sriwijaya Air SJ-182

“Apa yang ada di CVR masuk ke final report itu berkaitan pangsung dengan kecelakaan. Satu tahun itu batasan merilis final report. Kalau bisa lebih cepat kita lakukan cepat,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (31/3/2021).

Menurut Soerjanto, KNKT akan terap merilis laporan meskipun proses investigasi masih belum rampung. Dalam laporan tersebut akan dijelaskan alasan mengapa proses investigasi tidak bisa rampung dalam tempo satu tahun.

Baca juga: Usai Ditemukan, CVR Sriwijaya Air SJ-182 Akan Dikeringkan  

“Kalau lebih dari satu tahun, kita keluarkan reports sebelum final report. Menjelaskan kendala kenapa enggak bisa sampai satu tahun,” jelasnya.

Soerjanto menambahkan, pihaknya sudah mengeluarkan laporan awal sebulan setelah terjadinya kecelakaan. Setelah laporan itu barulah pihaknya akan mengeluarkan final report.

  

Namun, sebelum laporan akhir hasil investigasi , pihaknha akan memberikan draft final kepada pihak-pihak terkait. Tujuannya adalah untuk meminta komentar dari beberapa pihak terkait. 

“Setelah CVR ini kita enggak akan keluarkan report apapun. Nanti langsung melalui final report.Saat ini belum ada perkiraan waktu kapan report tersebut bisa diselesaikan,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini