Dengar Nih Bankir, Bapak Presiden Jokowi Ingin Suku Bunga Kredit di 6%

Dita Angga R, Jurnalis · Senin 05 April 2021 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 320 2389563 dengar-nih-bankir-bapak-presiden-jokowi-ingin-suku-bunga-kredit-di-6-pMDvHFsZiy.jpg Presiden Joko Widodo. (Foto: Okezone.com/Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan terkait suku bunga kredit. Menurut Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bahwa presiden ingin agar suku bunga tetap di kisaran 6%.

“Terkait tingkat suku bunga, bapak presiden minta agar suku bunganya bersaing di angka kisaran 6%,” katanya dalam konferensi persnya di Kantor Presiden, Senin (5/4/2021).

Baca Juga: BI Bingung Perusahaan Besar Jatim Tak Ngutang di Bank

Airlangga mengatakan bahwa untuk itu perlu dibuatkan program. Namun dalam hal ini dia mengatakan belum memutuskan program apa yang akan dibuat.

“Apakah itu penjaminan melalui Askrindo, Jamkrindonya diperbesar. Apakah juga saat sekarang diberikan subsidi bunga KUR yang reguler, yang normal di luar dalam penanganan ekonomi nasional, di luar PEN. Itu besarnya setiap tahun biasanya sekitar Rp10 triliun,” ujarnya.

Baca Juga: LPS Takut Masyarakat Bertepuk Sebelah Tangan, Tagih Bank Turunkan Bunga Kredit

Sementara itu di dalam PEN, dia mengatakan akan melihat kembali apa saja yang akan diperlukan. Menurutnya jika melalui PEN tentu akan ada tambahan anggaran yang dialokasikan.

“Seperti misalnya KUR untuk 3% sampai 6 bulan dan kredit UMKM dengan subsidi juga sampai bulan Juni. Itu dana yang dipersiapkan sekitar Rp.7 triliun. Sehingga tentu ada perubahan-perubahan penambahan yang perlu nanti dibahas lagi secara internal,” pungkasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini