OJK Siapkan Roadmap BPR Antisipasi Perkembangan Digital

Aditya Pratama, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 320 2391923 ojk-siapkan-roadmap-bpr-antisipasi-perkembangan-digital-rryN1Z6rvf.jpg OJK Siapkan Roadmap BPR. (Foto: Okezone.com)

BALI - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyiapkan Roadmap Pengembangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dalam lima tahun ke depan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi perkembangan digital.

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I OJK, Teguh Supangkat mengatakan, roadmap ini juga perlu disiapkan untuk menjaga pertumbuhan bisnis BPR di tengah pandemi.

Baca Juga: Sulitnya Mengatur BPR, Ketua OJK: Lokasinya Jauh dan Pengurusnya Tidak Paham

"Kita sedang menyiapkan Roadmap Pengembangan BPR/BPRS kedepan hingga 2025 dan ini masih akan kita proses untuk lihat ke depan," ujar Teguh dalam acara Pelatihan dan Gathering Wartawan Media Massa di Bali, Jumat (9/4/2021).

Teguh menambahkan, dalam roadmap tersebut akan ditulis beberapa poin mengenai pengembangan BPR, diantaranya mengenai pengembangan sistem pembayaran hingga pemenuhan modal inti paling minimal Rp6 miliar pada tahun 2024.

Baca Juga: OJK Perpanjang Relaksasi untuk BPR dan BPRS hingga Maret 2022

"Ada penyesuaian terkait bagaimana BPR yakni sistem pembayaran terkait digitalisasi. Di sisi berbeda ada (mengatur) konsolidasi BPR kedepan yakni ada modal inti minimum Rp6 miliar serta pengumuman POJK baru," kata dia.

Sebelumnya, OJK telah meluncurkan Roadmap Pengembangan Perbankan Indonesia 2020-2025 (RP2I) bagi bank umum. Adapun RP2I berisikan arah dan acuan pengembangan jangka pendek maupun pengembangan struktural secara bertahap dalam rentang waktu enam tahun.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini