Ekonomi RI Bangkit, Indeks dan Penerimaan Industri Meningkat

Dita Angga R, Jurnalis · Senin 19 April 2021 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 320 2397337 ekonomi-ri-bangkit-indeks-dan-penerimaan-industri-meningkat-5V7hUmGTXo.jpg Indeks Manufaktur Meningkat. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa belanja negara pada April tumbuh. Bahkan kenaikannya cukup besar.

“Dari hasil monitor big data dari perbankan sudah terlihat pertumbuhan belanja nasional di bulan April mengalami kenaikan yang cukup besar. Di mana tumbuh 32,48% secara year on year untuk yang non-seasonally adjusted. Dan 13,11%untuk yang seasonally adjusted,” katanya di Kantor Presiden, Senin (19/4/2021).

Baca Juga: 7 Potensi Ekonomi Baru di Jabar, Apa Saja?

Dia mengatakan bahwa angka purchasing manager index (PMI) juga mengalami kenaikan. Bahkan penerimaan di sektor industri juga tumbuh.

“Pertumbuhan di sektor industri selain PMI all time high di 53,2 tertinggi dari periode sebelum 2019, yang biasanya di rata-rata 51. Juga penerimaan sektor industri mengalami kenaikan, yakni tumbuh 10,26% secara year on year. Itu untuk non seasonally adjusted. Dan 1,46% year on year yang seasonally adjusted,” paparnya.

Baca Juga: Percepatan Pemulihan Ekonomi, Pengusaha Antusias Bisa Vaksinasi Mandiri

Lebih lanjut dia mengatakan untuk menjaga keseimbangan pengendalian covid dan pengungkit ekonomi, pemerintah melakukan beberapa program. Salah satunya adalah pengendalian covid melalui pembatasan kegiatan.

“Baik kegiatan mudik, kegiatan pembatasan bepergian. Dan juga terkait dengan pengetesan yang diperlukan yaitu H-1 untuk seluruh moda angkutan. Baik PCR, genose, atau swab antigen,” pungkasnya. 

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini