Tol Serang-Panimbang Seksi I Beroperasi September 2021

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 03 Mei 2021 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 320 2404984 tol-serang-panimbang-seksi-i-beroperasi-september-2021-W67X6OpCZ2.jpg Jalan Tol

JAKARTA - Astra Infrastruktur lewat Toll Road menjadi pemenang tender untuk pengelolaan jalan tol Serang-Panimbang seksi I yaitu ruas Junction-Walantaka-Rangkasbitung. Kepastian tersebut diumumkan oleh Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) selaku kontraktor.

CEO Astra Infra Solution Ega N Boga mengatakan pembangunan ruas tol Serang-Panimbang seksi I teurs dilakukan. Sebab ruas tol ini ditargetkan bisa beroperasi pada bulan September atau Oktober 2021.

Baca juga: Kenaikan Tarif Tol Ngawi-Kertosono Berlaku Hari Ini

"Berdasarkan update WSP diharapkan tahun ini September-Oktober memulai untuk Seksi I, sampai Rangkas," ujarnya dalam acara media gathering virtual, Senin (3/5/2021).

Sementara itu, CEO Tollroad Business Group Astra Infra, Kris Ade Sudiyono mengatakan seksi I tol Serang-Panimbang nantinya akan terhubung dengan jalan tol Tangerang-Merak.

 Baca juga: Pengumuman, Besok Tarif Tol Ngawi-Kertosono Naik

"Seksi I yang terhubung dengan Tangerang-Merak," ujarnya.

Dengan terhubungan ruas tol ini maka tarifnya juga akan dilakukan integrasi. Namun, pihaknya belum mengetahui berapa besaran tarif tol yang akan ditetapkan nantinya karena tergantung pada Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kita masih menunggu tarif dari Serang Panimbang, konsepnya terintegrasi, sistem pertarikannya mungkin tertutup berdasarkan kilometer, kita masih tunggu dari Kementerian PUPR," jelasnya.

Sebagai informasi, pembangunan ruas tol Serang-Panimbang yang memiliki panjang 83,677 kilometer (km) dibagi menjadi tiga seksi. Seksi satu dengan ruas Serang-Rangkas Bitung yang memiliki panjang 26,5 km akan beroperasi secara fungsional pada lebaran tahun ini.

Sedangkan untuk Seksi II Rangkas Bitung – Cileles memiliki panjang 23,7 kilometer dan Seksi 3 Cileles – Panimbang memiliki panjang 33 km. Keduanya ditergetkan bisa mulai operasional pada dua tahun mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini