THR Cair Bikin Mal Ramai, Jangan Abaikan Prokes Ya!

Michelle Natalia, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 320 2407197 thr-cair-bikin-mal-ramai-jangan-abaikan-prokes-ya-XLQmvzzHQt.jpg Mal (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pencairan THR menjadi salah satu penyebab keramaian mal hingga pasar. Sebab, dengan adanya THR, menumbuhkan rasa masyarakat untuk berbelanja jelang Lebaran di tengah pandemi Covid-19.

Ramainya mal hingga pasar ini juga terjadi diduga perilaku masyarakat dalam melihat pandemi Covid-19 yang seolah-olah telah berakhir.

"Itu yang paling penting, THR sudah cair. Ketika ditanya, jawabannya pun seperti 'iya nih, tahun lalu belum sempat beli baju lebaran'. Dengan adanya pelonggaran tadi, masyarakat tergerak dengan adanya insentif-insentif tersebut," jelas Ekonom INDEF Andry Satrio Nugroho dalam IDX Channel Live Market Review di Jakarta, Jumat (7/5/2021).

Baca Juga: Dapat THR, Jangan Lupa Sisihkan Uang untuk Ditabung 

Sekadar catatan, isu kepadatan Pasar Tanah Abang menjelang Lebaran menjadi sorotan karena masyarakat yang lalai menjalankan protokol kesehatan dalam menjaga jarak. Dikhawatirkan, kerumunan masyarakat ini akan menciptakan klaster Covid-19 yang baru.

"Pertama adalah kelonggaran yang beberapa lama ini terjadi di pusat perbelanjaan. Sekilas mungkin di perbelanjaan masyarakat kelas bawah seperti di Tanah Abang, tetapi kalau dilihat, mal yang digemari kelas menengah ke atas juga ramai," ucap Andry.

Di sisi lain, mungkin ini bisa menjadi indikasi naiknya daya beli masyarakat. Meskipun, dia melihat bahwa kondisinya belum berada pada tahapan yang ideal seperti awal pandemi.

"Pengeluaran rumah tangga sendiri di kuartal I terkontraksi 2,23% meskipun sudah lebih membaik dari tahun lalu. Pengeluaran untuk makanan dan minuman juga belum baik seperti kuartal I 2020, tapi sudah lebih baik dari kuartal IV-nya," kata Andry.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini