Share

Centro Pailit, Bisnis Ritel Masih Dibayangi Kebangkrutan

Ferdi Rantung, Sindonews · Selasa 18 Mei 2021 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 320 2411820 centro-pailit-bisnis-ritel-masih-dibayangi-kebangkrutan-yXeBzBjCnu.jpg Minimarket (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bisnis ritel yang mengurangi jumlah gerainya atau bahkan gulung tikar terus bertambah Selama masa pandemi Covid-19. Hal ini disebabkan, daya beli masyarakat belum juga membaik.

Terbaru, PT Tozy Sentosa, pengelola Centro Department Store dan Parkson Department Store dinyatakan pailit oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) pada Senin kemarin.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja, mengatakan selama masa pertumbuhan ekonomi belum membaik, potensi bangkrutnya sektor ritel masih tetap ada.

"Potensi ditutupnya ataupun dijualnya usaha sektor ritel masih tetap ada sepanjang perekonomian masih belum pulih normal." ujarnya kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (18/5/2021)

Dia mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi sebesar apapun akan sangat berpengaruh terhadap dunia usaha. Besar kecilnya pertumbuhan ekonomi akan berpengaruh terhadap berbagai kelas dan skala pelaku usaha karena masing - masing pelaku usaha memiliki kemampuan daya tahan yang berbeda satu sama lain.

Baca Juga: Pengelola Centro Resmi Pailit

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Dia juga menilai bahwa bisnis ritel masih akan mengalami tekanan sampai akhir 2021. Pasalnya, vaksinasi untuk masyarakat guna mendorong pemulihan ekonomi, masih belum jelas kapan dilakukan.

"Pemerintah merencanakan vaksinasi untuk masyarakat umum akan dimulai pada triwulan III tahun 2021 ini, tapi sampai dengan saat ini pun masih belum ada kejelasan ataupun kepastiannya. Oleh karenanya sektor usaha Ritel dan Pusat Perbelanjaan masih akan mengalami tekanan pada tahun 2021 ini." tandasnya.

Baca Juga: Centro Pailit, Pengusaha: Sektor Ritel Alami Kondisi Paling Berat Selama Pandemi

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini