Larangan Mudik Berakhir, 144 Kereta Api Jarak Jauh Kembali Beroperasi

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 320 2412436 larangan-mudik-berakhir-144-kereta-api-jarak-jauh-kembali-beroperasi-wNGSWY2bpV.jpg KA Jarak Jauh Mulai Beroperasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan kembali kereta api jarak jauh ke berbagai daerah. Hal tersebut dilakukan menyusul telah selesainya periode larangan mudik Lebaran.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, ada 144 kereta api jarak jauh per hari yang akan dioperasikan. Bahkan masyarakat sudah bisa kembali memesan tiker kereta di seluruh aplikasi penjualan tiket.

"KAI mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mematuhi aturan dan persyaratan yang ditetapkan selama masa peniadaan mudik,” ujarnya dalam keterangannya, Rabu (19/5/2021).

Baca Juga: Penampakan Sepinya Stasiun Pasar Senen di Hari Ketiga Larangan Mudik

Sementara itu, Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa mengatakan, jumlah armada kereta yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir kembali normal seperti periode pandemi sebelum larangan mudik lebaran. Namun, operasional akan tetap mengacu pada ketetapan dan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Jumlah kereta yang dioperasikan kembali normal seperti masa pandemi sebelum larangan mudik. Untuk keberangkatan kereta dari Jakarta, ada 41 KA yang diberangkatkan dari 3 Stasiun.

Baca Juga: Operasional KA Jarak Jauh Kembali Normal Pasca-Larangan Mudik tapi Syarat Diperketat

Adapun rinciannya yakni 20 Stasiun dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Sedangkan 1 KA diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota.

 Dari KA yang beroperasi ada 12.396 penumpang yang berangkat dari Jakarta. Adapun rinciannya, 3693 berangkat dari Stasiun Gambir, 8693 berangkat dari Stasiun Pasar Senen, dan 10 penumpang dari Stasiun Jakarta Kota.

Sementara jumlah penumpang yang datang ke Jakarta ada sekitar 6.205 dengan 20 ka yang datang ke Jakarta. Adapun rinciannya adalah, 3286 penumpang datang di Stasiun Gambir dengan 13 KA dan 2919 penumpang datang ke Stasiun Pasar Senen dengan 7 KA.

“Jumlah Kereta Api (KA) yang beroperasi normal seperti pada masa pandemi sebelum larangan mudik,” ucapnya kepada MNC Portal Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini