Jago Investasi Bareng MNC Sekuritas, Kenali Dulu Kripto atau Saham Sebelum Berinvestasi

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 07 Juni 2021 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 278 2421475 jago-investasi-bareng-mnc-sekuritas-kenali-dulu-kripto-atau-saham-sebelum-berinvestasi-DwnZkCEwca.jpg Kenali Dulu Apa Itu Kripto dan Saham. (Foto: Okezone.com/MNC Sekuritas)

JAKARTA MNC Sekuritas membagikan tips kepada masyarakat yang ingi mulai berinvestasi. Jika Anda termasuk penganut investasi dengan prinsip high risk, high return , maka Anda dapat memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko dan target imbal hasil yang Anda inginkan.

Belakangan ini, banyak orang tertarik untuk berinvestasi di aset berisiko tinggi, seperti saham dan cryptocurrency (kripto). Sebelum memutuskan, Head of Marketing Online Trading MNC Sekuritas Thomas Hadibowo mengungkapkan pentingnya investor mengetahui perbedaan investasi kripto dan saham agar tidak salah langkah. Thomas menyarankan investor mengetahui tujuan investasi sebelum terjun langsung dalam dunia investasi.

Baca Juga: Keren! MNC Sekuritas Raih Penghargaan 10th Digital Brand Awards 2021

“Baik kripto maupun saham sama-sama memiliki risiko tinggi dengan potensi keuntungan yang tinggi pula. Namun, jika Anda memperhatikan dengan seksama investasi saham memberikan nilai tambah yang lebih baik karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan serta baik dalam jangka panjang dan untuk masa depan. Segera mulai investasi saham sejak dini bersama MNC Sekuritas untuk hasil terbaik di masa depan,” tutup Thomas, Senin (7/6/2021).

Mata Uang Kripto

Mata uang kripto merupakan mata uang digital yang hanya ada di dunia maya. Contoh uang kripto antara lain adalah bitcoin, ethereum, ripple, litecoin, dogecoin, mrai, dashcoin dan lain-lain. Nilai koin kripto ini bisa naik dalam waktu cepat tanpa ada batasan karena aset digital ini hadir melalui teknologi blockchain.

Popularitas kripto semakin meningkat terutama karena harga kripto yang terus naik. Meskipun demikian, di balik gemerlapnya pemberitaan tentang kripto, terdapat beberapa kelemahan trading kripto seperti memiliki risiko yang sangat tinggi karena peningkatannya bisa sangat tinggi namun penurunannya juga bisa tidak terbatas.

Baca Juga: Jago Investasi Saham Bersama Kelas Edukasi MNC Sekuritas, Hindari 3 Kesalahan Ini agar Cuan

Hal ini disebabkan kripto tidak memiliki fundamental yang bisa dianalisis karena bukan merupakan mata uang suatu negara serta tidak memiliki badan otoritas yang mengaturnya karena semuanya diatur oleh sistem blockchain.

Investasi Saham

Investasi saham merupakan kegiatan penanaman modal dalam bentuk surat berharga perusahaan. Dengan demikian, jika Anda membeli saham perusahaan, Anda pun secara otomatis menjadi pemilik perusahaan tersebut. Jumlah pembelian saham dari satu emiten adalah minimal sebanyak 1 lot atau setara dengan 100 lembar saham.

Di saham, Anda tetap merupakan pemilik dari perusahaan yang sahamnya Anda beli. Anda juga tetap akan mendapatkan dividen saat harga saham perusahaan turun dan memperoleh capital gain ketika harga sahamnya naik.

Selain itu, investasi saham juga diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sehingga Anda tidak perlu khawatir dalam berinvestasi saham.

Anda pun dapat menganalisis saham untuk menghindari kerugian dengan mengacu pada analisis fundamental berdasarkan kondisi politik dan ekonomi, serta kinerja keuangan perusahaan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan analisis secara teknikal berdasarkan pergerakan saham pada rentang waktu tertentu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini