Ganjar Izin ke Menteri Basuki Jadikan Rusun ASN Kementerian PUPR Tempat Isolasi

Solopos.com, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 470 2429591 ganjar-izin-ke-menteri-basuki-jadikan-rusun-asn-kementerian-pupr-tempat-isolasi-a5aP7IS4tf.jpg Gubernur Jateng Minta Izin Gunakan Rusun PNS Kementerian PUPR Jadi Tempat Isolasi. (Foto: Okezone.com)

SEMARANG -  Rusun PNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kelurahan Sumurboto, Banyumanik, Kota Semarang, dijadikan tempat isolasi. Hal ini menambah tempat isolasi terpusat guna mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Jawa Tengah.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, sejak terjadi peningkatan kasus Covid-19 secara eksponensial di Jateng, pihaknya meminta Satgas Covid-19 Jateng dan kepala daerah untuk mencari alternatif bangunan yang bisa dipakai untuk isolasi terpusat

“Salah satunya rusun milik Kementerian PUPR ini. Saya sudah izin ke Pak Basuki (Menteri PUPR) malah dibantu mengkondisikan untuk dijadikan tempat isolasi terpusat,” ujar Ganjar , dikutip dari Solopos.com, Rabu (23/6/2021).

Baca Juga: Lockdown 2 Minggu, Dana yang Dibutuhkan Rp7,7 Triliun

Sebenarnya rusun itu diperuntukan bagi aparatur sipil negara (ASN) Kementerian PUPR di Balai Besar Wilayah Sungai alias BBWS Pemali Juwana di Semarang. Namun gedung yang baru selesai dikerjakan itu belum digunakan.

Oleh karena itu, Ganjar pun langsung meminjam gedung tersebut sebagai tempat isolasi terpusat selama pandemi Covid-19.

Baca Juga: Lonjakan Covid-19, Lockdown Sementara Bisa bikin Ekonomi Lebih Solid

“Ini rusun ASN yang belum dipakai. Ada kurang kebih 94 ruang. Kalau satu ruangan diisi dua orang lumayan bisa menampung banyak. Tempatnya juga representatif, bagus,” jelasnya.

Ganjar memastikan gedung itu bisa menjadi tempat isolasi yang nyaman. Setiap ruangan berukuran 4,5×6 meter. Selain itu, tiap ruangan memiliki satu kamar ukuran besar dan satu kamar dengan tempat tidur bertingkat. Tiap ruangan juga memiliki satu ruang tamu ditambah tempat tidur, kamar mandi, dan dapur.

“(Bangunan) ini untuk mengantisipasi kalau nanti ada out break dan kemudian perlu isolasi terpusat. Ini salah satu tempat yang ada di Kota Semarang,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini