Share

Cegah Klaster Covid-19, Semua Daerah Wajib Bikin Isolasi Terpusat

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 14 Agustus 2021 18:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 14 320 2455654 cegah-klaster-covid-19-semua-daerah-wajib-bikin-isolasi-terpusat-JCwwhcpmGJ.jpg Setiap Daerah Wajib Punya Tempat Isolasi Terpusat untuk Tangani Covid-19. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menko Perekonomian yang juga Ketua KPC PEN Airlangga Hartarto meninjau langsung tempat isolasi terpusat (Isoter) di Kabupaten Klaten. Airlangga ingin memastikan layanan kesehatan dan fasilitas lain yang diberikan kepada para pasien Covid-19 yang sedang diisolasi.

“Kita saat ini meninjau beberapa isolasi terpusat di Kabupaten Klaten. Adanya isolasi terpusat ini bertujuan untuk memotong mata rantai Covid-19, terutama untuk menekan angka kematian. Karena kalau di rumah, pasien Covid-19 belum tentu terperhatikan maksimal oleh layanan kesehatan. Sehingga kita harus memisahkan antara yang terkena Covid-19 dengan keluarganya agar tidak menambah kluster keluarga. Karena kluster keluarga ini yang akhir-akhir ini muncul dan menyebabkan kematian pasien Covid-19 di rumah,” kata Menko Airlangga, Sabtu (14/8/2021).

Baca Juga: Menko Luhut Akui Isoman di Rumah Jadi Kelemahan Penanganan Covid-19

GOR Gelarsena merupakan tempat isolasi terpusat bagi laki-laki, sedangkan Panti Semedi merupakan tempat isolasi terpusat bagi wanita, ibu hamil dan anak-anak.

Airlangga mengatakan, isolasi mandiri di rumah dengan terus dimonitor Puskesmas setempat menjadi salah satu opsi yang dilakukan untuk pasien dengan tingkat kondisi tertentu. Namun, kluster keluarga yang pernah muncul membuat Pemerintah menyadari bahwa tidak semua masyarakat memiliki kondisi rumah yang mumpuni untuk benar-benar memisahkan antara pasien Covid-19 dengan anggota keluarga lain.

Baca Juga: Mari Elka Bilang Sudah Ada Tanda-Tanda Pemulihan Ekonomi

Karena itulah di semua daerah sedang didorong untuk membuat tempat isolasi terpusat, agar Pemerintah dapat maksimal memberikan penanganan khusus kepada pasien Covid-19 sekaligus menekan tingkat penularan.

Sementara itu, Airlangga juga sempat menyapa dan berdialog dari jarak jauh dengan pasien yang tengah menjalani isolasi di Panti Semedi, Klaten.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

"Semangat ya, pripun, panganane enak? Terjamin? Obate, vitamine terjamin?," tanya Menko Airlangga.

Bahagia dengan perhatian yang diberikan Menko Airlangga, Ibu-Ibu yang tengah menjalani isolasi terpusat menjawab dengan penuh antusias.

"Makanannya enak. Obat dan vitamine terjamin, Pak. Di sini semua disiapin," kata masyarakat yang sedang menjalani isolasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini