Hary Tanoe: Digitalisasi Mengubah Cara Bisnis Secara Cepat

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Selasa 17 Agustus 2021 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 17 320 2456800 hary-tanoe-digitalisasi-mengubah-cara-bisnis-secara-cepat-gmI5pYXlw3.png Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dalam Acara Festival Indonesia Tangguh. (Foto: Okezone.com/MPI)

JAKARTA- Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan pandemi mengubah pola bisnis dunia usaha. Di mana digitalisasi menjadi aspek utama di masa pandemi saat ini.

"Indonesia diwarnai saat ini khususnya di era pandemi dengan pertumbuhan digitalisasi yang semakin berkembang, dan banyak mengubah cara bisnis yang mengubah secara cepat dunia usaha," kata Hary Tanoe, dalam Webinar Daerah Tangguh Daerah Tumbuh yang merupakan rangkaian Festival Indonesia Tangguh MNC Portal Indonesia, Selasa (17/8/2021).

Baca Juga: Perdagangan Digital Diprediksi Tembus Rp330,7 Triliun Tahun Ini

Jadi, lanjut Hary Tanoe, apapun yang berkaitan dengan digital sangat mempengaruhi berbagai ekosistem di dunia khususnya di Indonesia.

"Digitalisasi merubah ekosistem dunia usaha khususnya internet dan kita lihat retail sudah sangat berbeda. Adanya e-commerce dan juga pertumbuhan pada online travel dan menghantam usaha konvensional," ungkapnya.

Baca Juga: Perdagangan Digital Diprediksi Tembus Rp330,7 Triliun Tahun Ini

Pentingnnya digitalisasi juga perlu untuk UMKM. UMKM di tengah kondisi pandemi bisa bangkit dengan beralih ke penjualan online.

"Digitalisasi bisa diatasi bisa menguntungkan hajatnya pelaku usaha kecil atau usaha menengah atau UKM di berbagai daerah khususnya di era pandemi untuk bisa bangkit dan berkembang," kata Hary Tanoe.

Digitalisasi juga menjadi momen perbaikan diri dan evaluasi untuk produk UMKM yang lebih baik.

"Kita melihat dampak digitalisasi sangat kita rasakan, khususnya dalam situasi pandemi, percepatan masuknya lahan bisnis dan e-commerce bisa cepat berkembang dan tumbuh luar biasa," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini