OPEC+ Adakan Pertemuan Bahas Cadangan Minyak

Antara, Jurnalis · Senin 04 Oktober 2021 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 320 2480813 opec-adakan-pertemuan-bahas-cadangan-minyak-3ynkPIPjKd.jpg Harga minyak dunia (Foto: Reuters)

JAKARTA - Organisasi negara pengekspor minyak bumi (OPEC) dan sekutunya akan bertemu hari ini. Adapun pertemuan akan membahas jumlah cadangan minyak yang bakal dilepas di pasaran.

Agenda penting ini diadakan di tengah munculnya masalah pasokan serta pemulihan permintaan, yang mendorong harga minyak berada di atas USD80 per barrel, dilansir Reuters, Senin (4/10/2021).

Baca Juga: OPEC+ Pertahankan Harga Minyak di Level USD65-USD75/Barel

Salah satu bocoran sebuah sumber OPEC+ yang tidak disebutkan namanya, mengatakan ada usulan baru ihwal penambahan produksi lebih dari kesepakatan sebelumnya.

Di tempat yang berbeda, sumber OPEC+ lain menyebut ada usulan tentang peningkatan produksi 800.000 barel per hari dalam waktu sebulan.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Anjlok Dipicu Kegalauan OPEC

"Kami tidak dapat mengecualikan (kemungkinan) apa saja," kata sebuah sumber OPEC+ kepada Reuters, Jumat (1/10).

Alasan bahwa pasar minyak mungkin membutuhkan lebih banyak pasokan dari kesepakatan yang telah ada bakal menjadi salah satu isu perbincangan.

"Ini adalah salah satu skenario yang mungkin (terjadi)," tutur sumber lainnya.

Seperti diketahui, OPEC bersama sekutunya Rusia, pada Juli lalu telah sepakat untuk meningkatkan produksi sebesar 400.000 barel per hari ari (bph) setiap bulan untuk mengisi kekurangan 5,8 juta bph sebelumnya sepanjang pembatasan Covid-19.

Reli harga minyak mentah ke level tertinggi dalam kurun waktu tiga tahun terakhir diperparah oleh kenaikan harga gas bumi yang bahkan jauh lebih besar. Pertemuan Senin (4/10) ini bakal menjadi salah satu sentimen penggerak pasar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini